Share

Tak Mau Blender di Rumah Cepat Rusak? Hindari Memasukkan 5 Hal Ini

Pradita Ananda, Okezone · Selasa 10 Oktober 2017 09:44 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 10 298 1792356 tak-mau-blender-di-rumah-cepat-rusak-hindari-memasukkan-5-hal-ini-DOoLAe1esO.jpg Agar Blender Tak Cepat Rusak (Foto: Purewow)

MERASA peralatan memasak di rumah, cepat sekali rusak atau dengan kata lain tidak awet bertahan lama untuk digunakan?

Padahal peralatan memasak di dapur tersebut, dibeli dengan harga yang tidak murah karena merek yang berkualitas? Well, jika mengalami hal ini, terkadang yang harus ditelisik adalah bukan dari peralatan memasak tersebut, melainkan bagaimana cara kita sendiri dalam mempergunakan alat tersebut.

Salah satunya adalah blender, tahukah Anda ternyata tidak semua bahan bisa dimasukkan dalam blender, karena bahan-bahan termasuk beberapa jenis makanan jika dimasukkan ke dalam blender, malah akan bisa membuat blender tersebut jadi rusak. Lalu apa saja makanan yang harus dihindari dimasukkan ke dalam blender? Simak penjelasannya di bawah ini, sebagaimana dilansir Purewow, Selasa (10/10/2017).

Baca Juga: Masyarakat Depok Terbantu BLT BBM

1. Potongan es balok (ice cubes) 

Hobi membuat minuman dingin langsung dengan blender melalui metode memasukkan balok es batu ke dalam blender? Mulai dari sekarang, hindari untuk melakukan kebiasaan ini. Pasalnya, kebiasaan ini hanya akan membuat pisau blender lama kelamaan akan menjadi tumpul. Untuk membuat minuman dingin, misalnya smoothies buah pakailah cara dengan memasukkan buah yang sudah didinginkan di dalam lemari es, ketimbang langsung memakai es batu.

2. Kentang tumbuk 

Mashed potato disebutkan sebaiknya dibuat secara manual, karena jika langsung diblender maka hanya akan merusak cita rasa dari kentang itu sendiri, belum lagi teksturnya yang menjadi sangat lembek. Jika ingin mengolah kentang jadi mashed potato, sebaiknya pakai alat khusus ya untuk menghaluskannya.

3. Sup panas

Walau berbentuk cairan, namun Anda hanya mengundang bencana di dapur jika nekat memasukkan sup panas ke dalam blender karena cairan sup yang panas berpotensi untuk buyar dan tumpah melalui tutup blender. Untuk memasukkan sup ke dalam blender, sebaiknya dinginkan sup terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam blender dan jangan penuhi tabung blender hingga setengah ukuran tabung blender.

4.Buah-buahan kering

Buah kering seperti contohnya kurma, plum kering, atau apricot jika dimasukkan ke dalam blender diketahui hanya akan menyisakan sisa bahan yang lengket melekat di pisau blender. Alhasil membuat pisau blender tidak hanya sulit dibersihkan, tapi juga lama-kelamaan merusak pisau blender itu sendiri. Jika harus menggiling buah-buahan kering ini dalam blender, jangan lupa untuk menambahkan air agar bisa jadi lebih lunak atau rendam dahulu buah-buahan tersebut dengan air hangat.

5. Adonan

Hilangkan kebiasaan memasukkan adonan kue atau roti ke dalam blender, karena hal ini berpeluang untuk membuat tekstur adonan malah menjadi terlalu keras dan adonan tidak teraduk rata, alih-alih blender sebaiknya pakai mixer untuk menggiling adonan.

1
6

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini