Alamak! Bank Makanan Terima Sumbangan Sup Berumur Hampir 50 Tahun

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 10 Oktober 2017 14:08 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 10 298 1792530 alamak-bank-makanan-terima-sumbangan-sup-berumur-hampir-50-tahun-KJ4pmanXA4.jpg Makanan berumur 50 tahun (Foto:BBC)

MASYARAKAT internasional khususnya yang tinggal di kawasan Puerto Rico tengah mengalami masa-masa sulit. Beberapa waktu lalu, badai Maria menghantam tenggara kota tersebut, hingga memaksa puluhan ribu orang untuk mengungsi ke penampungan.

Melihat hal tersebut, sejumlah orang pun berinisiatif memberikan bantuan donasi berupa uang, baju layak pakai, dan juga berbagai jenis makanan untuk dikonsumsi para pengungsi.

Berbicara soal makanan, beberapa donatur tampaknya kurang teliti ketika hendak memberikan bantuan kemanusian. Beberapa waktu lalu, sebuah bank makanan asal Wales, Inggris, dikejutkan ketika menerima donasi berupa kaleng sop yang telah berusia hampir 50 tahun.

 BACA JUGA: Suka Minum Teh, Pria Ini Ubah Namanya Jadi Yorkshire Tea

Berdasarkan laporan BBC, the Cardiff Food Bank menemukan sebuah sup Heinz dengan kondisi kaleng yang telah berkarat meski masih dalam kondisi tersegel. Pada permukaan kaleng terdapat sebuah tulisan yang menyebutkan angka "10d".

Angka itu diindikasikan sebagai mata uang zaman dahulu, di mana pemberi makanan tersebut membelinya seharga 10d. Setelah ditelusuri, pada 1971 lalu, pemerintah Inggris memang menerapkan sistem pembayaran desimal, yang membuktikan bahwa kaleng sup itu telah berumur 46 tahun.

"Ini adalah sebuah rekor. Belum ada sebelumnya kasus seperti ini," tulis Cardiff Bank dalam status twitternya.

Berdasarkan pengaluan perwakilan bank makanan, Hellen Bull, sup tersebut kemungkinan besar masih dapat dikonsumsi, namun ia tak yakin jika ada pengungsi yang mau menyantapnya.

 BACA JUGA: Jepang Luncurkan Beras Termahal di Dunia, Harganya Rp1,4 juta per Kotak!

"Sup itu adalah makanan tertua yang pernah kami terima. Kami juga pernah menerima jagung kaleng yang berasal dari tahun 1982 dan produk pasta yang berasal dari tahun 1970," tutur Hellen Bull.

Uniknya, pihak perusahaan yang memproduksi makanan tersebut juga sempat terkejut ketika melihat produk lama mereka masih dapat ditemukan di zaman modern seperti saat ini.

"Wow, sup itu telah berhenti diproduksi sejak 35 tahun lalu. Seharusnya ia berada di museum bukan di bank makanan," tulis HeinzUK dalam akun twitternya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini