nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bikin Kepengen! Makanan untuk Pasien di Rumah Sakit Jepang seperti di Restoran

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Selasa 10 Oktober 2017 15:14 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 10 10 298 1792572 bikin-kepengen-makanan-untuk-pasien-di-rumah-sakit-jepang-seperti-di-restoran-a4yCDctk1v.jpg Makanan di Rumah Sakit (Foto: Metro )

SIAPAPUN dijamin tidak ingin dirinya terbaring lemas di ranjang rumah sakit, apalagi membayangkan makanan serba hambar yang disajikan pihak rumah sakit. Tapi apa boleh buat jika terbaringnya di rumah sakit adalah karena melahirkan, dan spesialnya makanan yang disajikan adalah makanan lezat.

Hal ini dialami seorang ibu di Jepang yang baru saja melahirkan di rumah sakit setempat, seperti dilansir dari Metro, Selasa (10/10/2017) tidak ada makanan hambar khas rumah sakit yang disajikan untuk dirinya. Tidak ada bubur nasi hambar, kentang tumbuk yang dingin atau sayuran kukus, semua makanan bahkan tampak lebih lezat daripada hidangan di restoran.

Tidak percaya? Di Jepang pemerintahnya sangat memperhatikan faktor kesehatan masyarakatnya jadi tak heran jika masyarakat Jepang selalu mendapat jaminan kesehatan kelas premium untuk segala macam masalah kesehatan, termasuk melahirkan. Jaminan fasilitas kesehatan bagi wanita hamil di Jepang termasuk saat sang ibu sudah melahirkan dan masih harus dalam pengawasan dokter di ruang perawatan.

Selama perawatan ini, ibu yang baru melahirkan akan diberikan 12 kali makan dengan menu yang terjamin, kaya nutrisi bahkan terlihat seperti menu di restoran. Fasilitas kesehatan masyarakat Jepang ditanggung 70 persen oleh pemerintah sementara sisanya ditanggung oleh asuransi kesehatan. Sementara bagi orang kurang mampu akan ditanggung 90 persen layanan kesehatan oleh pemerintah dan 10 persen dibebankan kepada asuransi yang menaunginya.

 

Artinya dengan hampir tanpa mengeluarkan uang, masyarakat Jepang akan dilayani secara professional ketika sakit atau membutuhkan layanan kesehatan.

Kembali lagi ke menu ala restoran yang dipamerkan oleh seorang ibu yang baru saja melahirkan, ini juga termasuk salah satu fasilitas layanan yang dijamin dari rumah sakit. Dalam laman medsos ibu ini, ia memamerkan beberapa menu yang terlihat komplit mulai dari makanan pembuka, menu utama hingga kudapan.

Beberapa menu yang terlihat adalah ayam goreng tanpa tulang yang disajikan dengan salad kol, tumis sayuran, nasi dan miso sup. Ada juga sepaket menu salmon, ikan bahkan menu pasta. Beberapa paket menu juga dilengkapi dengan buah potong yang segar.

 

Jenis menu dan jumlahnya disesuaikan dengan waktu makan, misalnya menu sarapan maka menunya lebih simpel dengan porsi yang tidak terlalu banyak Beda dengan menu makan siang yang lebih komplit dan banyak porsinya. Semua ini pastinya bertujuan untuk memulihkan kembali kondisi kesehatan si ibu agar bisa kembali sehat sehingga bisa mengurus bayinya dengan baik.

Kalau makanannya seperti ini, tampaknya semua orang juga mau ya melahirkan di Jepang dan betah berlama di rumah sakit.

(dno)

Berita Terkait

makanan enak dan sedap

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini