nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Moms, Ini Sederet Trik Jitu agar Masak jadi Efektif & Tidak Kelamaan di Dapur

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 10 Oktober 2017 16:23 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 10 10 298 1792631 moms-ini-sederet-trik-jitu-agar-masak-jadi-efektif-tidak-kelamaan-di-dapur-KebDmQ0XH5.jpg Cara memasak yang efektif (Foto:Ist)

ACARA masak-memasak bagi sebagian orang menjadi kegiatan yang dihindari karena tidak mau merasa repot.

Sehingga akhirnya karena repot memasak ini, banyak orang yang merasa memasak adalah kegiatan yang sangat menyita waktu karena berada terlalu lama di dapur.

Padahal dengan mengetahui trik yang tepat, Anda bisa kok tidak harus perlu berada kelamaan di dapur karena memasak yang terlalu lama. Bagaimana sih caanya? Penasaran kan? Baca dulu yuk ulasannya berikut ini, sebagaimana dilansir Realsimple, Selasa (10/10/2017).

BACA JUGA: RESEP NENEK: Makan Siang dengan Bakwan Malang Pedas Gurih, Pastinya Maknyuss

1. Pasang waktu yang pas :

Sesaat sebelum memasak, agar tidak buang-buang waktu biasakan diri untuk telah mengetahui atau membaca dengan jelas resep masakan yang hendak diolah. Setelah mengetahui resepnya, siapkan bahan-bahan dan segala peralatan memasak yang diperlukan. Salah satu contohnya ketika ingin membuat sarapan, mengingat pagi hari adalah waktu yang sibuk di mana semua orang di rumah juga harus bersiap-siap diri beraktivitas, maka selalu siapkan resep menu dan bahan-bahan yang ingin diolah sejak malam hari.

2. Gunakan jasa belanja online :

Di era digital seperti sekarang, manfaatkanlah kecanggihan teknologi semaksimal mungkin. Contohnya dengan menggunakan jasa layanan belanja online, sehingga tidak perlu membuang waktu dan tenaga berbelanja ke supermarket hanya untuk membeli bahan-bahan makanan di dapur.

3. Melengkapi dapur :

Siapa sih yang tidak senang memiliki dapur yang lengkap? Pada dasarnya dapur yang lengkap akan juga bisa meringkas waktu memasak loh, kulkas terisi dengan bahan-bahan makanan yang disukai dan kerap dimasak pada akhirnya akan meringkas waktu Anda ketika berpikir hendak memasak menu hidangan apakah hari itu.

BACA JUGA: Mau Santap Sayuran Kukus Biar Lebih Lezat? Yuk Bumbui dengan 5 Bahan Ini

Si Dia Mulai Berbohong? Kenali lewat Lirikan Matanya Pertanda Mulai Tak Nyaman!

4. Tidak membuang waktu memotong-motong bahan makanan:

Mengiris memotong segala bahan-bahan makanan saat memasak, tidak dipungkiri memang menyita waktu. Maka dari itu, agar ringkas dan praktis coba manfaatkan peralatan memasak yang ada misalnya dengan memasukkan bahan-bahan makanan yang bisa teriris cepat dengan dimasukkan ke dalam food processor, atau misalnya memasukkan daging dalam oven atau rice cooker agar lebih cepat matang.

 

5. Masak dalam porsi banyak :

Trik lainnya ialah dengan mendobelkan porsi masakan, misalnya saat memasak hanya untuk diri sendiri maka perhitungkan porsi masakan menjadi untuk dua orang, lalu dua orang untuk empat orang, dan seterusnya. Dengan trik ini, ketika hidangan akan dimakan kembali, cukup dihangatkan saja dan Anda tidak perlu memasak menu makanan dari awal lagi.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini