Serba Salah, Lebih Sehat tapi Jadi Vegetarian Bikin Pria Lebih Cepat Botak

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 10 Oktober 2017 18:29 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 10 481 1792753 serba-salah-lebih-sehat-tapi-jadi-vegetarian-bikin-pria-lebih-cepat-botak-D6IGl2S9wB.jpg Vegetarian sebabkan kebotakan pada pria (Foto:Express)

KONTROL terhadap makanan atau diet bukan hanya dilakukan oleh wanita saja. Tak sedikit pria yang juga memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Salah satu diet yang sering dipilih adalah menjadi vegetarian. Selain menjaga kesehatan, beberapa waktu lalu dikatakan bahwa sayuran bisa membantu pria mengeluarkan aroma tubuh yang lebih menarik untuk dihirup.

Jika Anda seorang pria dan termasuk vegetarian, ada fakta lain yang harus diperhatikan. Menjadi seorang vegetarian mengharuskan Anda menghindari susu, daging, dan produk hewani lainnya. Dengan begitu ada sejumlah nutrisi penting yang tidak Anda penuhi. Salah satunya adalah nutrisi untuk rambut.

BACA JUGA:  Si Dia Mulai Berbohong? Kenali lewat Lirikan Matanya Pertanda Mulai Tak Nyaman!

Daging merah dan daging unggas kaya akan zat besi. Jika Anda kekurangan mineral tersebut bisa mempercepat kerontokan rambut atau kebotakan. Selama ini diketahui penyebab kebotakan adalah faktor genetik, kondisi kulit kepala, dan penyakit tertentu. Menurut NHS, seorang pria dianjurkan mengonsumsi 8.7mg zat besi setiap harinya.

"Kekurangan zat besi adalah salah satu faktor penyebab rambut rontok. Hal itu karena zat besi diperlukan untuk pertumbuhan rambut. Memang ada kemungkinan untuk mengonsumsi zat besi pada sayuran atau semacamnya seperti bayam, kacang-kacangan, dan buah kering. Tapi jenis makanan itu kemungkinan tidak mencukupi kebutuhan zat besi pada tubuh," ungkap seorang dokter umum, Dr Hilary Jones seperti yang dikutip dari Express, Selasa (10/10/2017).

BACA JUGA: Punya Tanda Lahir Lebih dari 200, Wanita Ini Diejek Gorila, Dalmatian hingga 'Tangan Setan'

Komentar Dr. Jones diperkuat oleh penelitian yang baru saja dilakukan oleh Asda Pharmacy. Penelitian ini mencoba menganalisis dampak psikologi pada pria muda mengenai kerontokan rambut. Sebelumnya diperkirakan 50% pria mulai kehilangan rambut di usia 50 tahun. Namun kini hal itu bisa terjadi pada pria yang lebih muda seiring makin populernya diet vegetarian.

Dari hasil penelitian diungkapkan sebanyak 38% pria yang usianya di bawah 35 tahun mengaku kerontokan rambut membuatnya merasa tertekan. Sementara itu, 26% lainnya mengatakan kerontokan rambut membuat mereka lebih sering mengonsumsi obat. Dr Jones menyarankan pada pria yang alami kerontokan di usia muda untuk mencukupi kebutuhan zat besinya setiap hari. Selain itu bisa juga dengan mengonsumsi suplemen yang berfungsi menjaga folikel rambut.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini