nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bahaya Infeksi Saluran Kemih dan Penyakit Usus Mengintai Jika Sering Main Ponsel di Toilet!

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Selasa 10 Oktober 2017 18:51 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 10 10 481 1792778 bahaya-infeksi-saluran-kemih-dan-penyakit-usus-mengintai-jika-sering-main-ponsel-di-toilet-ooQv9JBfqF.jpg Main ponsel (Foto: Shutterstock)

BANYAK dari kita yang senang membawa ponsel ke dalam toilet. Menurut sebuah penelitian, 90 persen masyarakat saat ini menggunakan ponsel di kamar mandi.

Duduk di atas closet sambil berkirim pesan, mengecek media sosial, atau membaca berita online memang terasa menyenangkan. Anda tak perlu membuang-buang waktu untuk melakukan beberapa hal sekaligus.

Namun yang harus Anda tahu adalah ini bukan sebuah langkah yang bagus. Sebab, banyak bahaya mengintai dari bermain ponsel di dalam toilet.

“Menyentuh telefon Anda antara menggunakan toilet dan mencuci tangan Anda adalah hal yang sangat buruk,” ujar Dr Paul Matewele, ahli mikrobiologi di London Metropolitan University dikutip dari Thesun, Selasa (10/10/2017).

Menurut Paul Matewele, banyak bagian dari toilet yang menjadi sarang bertumpuknya kuman. Kuman-kuman inilah yang dapat menyebabkan penyakit yang parah.

“Kursi, pegangan, wastafel, dan keran toilet ditutupi kuman seperti E. Coli, yang dapat menyebabkan infeksi saluran kemih dan penyakit usus, C. Diff yang dapat menyebabkan diare, dan acinetobacter yang dapat menyebabkan infeksi pernapasan menular,” jelas Dr Paul.

Dokter Paul melanjutkan, bakteri dari toilet pada telefon sangat berbahaya karena kita membawanya ke mana-mana. Kita juga menyentuhnya terus-menerus hingga membawanya ke meja makan.

Orang-orang mungkin mengira closet toilet dan lantai toilet adalah tempat paling kotor di dalam rumah. Meskipun tidak salah, namun Anda tidak menyentuhnya secara langsung dengan tangan.

Namun hal lainnya seperti ponsel atau tas yang dibawa ke dalam toilet yang bisa menjadi tempat persinggahan sementara untuk kuman sebelum akhirnya masuk ke dalam tubuh Anda.

Jika Anda memang harus membawa telefon genggam ke toilet, cuci tangan Anda dengan saksama hingga bersih. Kemudian bersihkan telefon dengan lap antibakteri. Sehingga ini bisa mengurangi risiko terkena penyakit parah yang disebabkan oleh bakteri-bakteri yang melekat pada telefon genggam.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini