nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Meletakkan Tas di Lantai, Kebiasaan yang Bikin Tubuh Mudah Terserang Penyakit

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Selasa 10 Oktober 2017 19:16 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 10 10 481 1792796 meletakkan-tas-di-lantai-kebiasaan-yang-bikin-tubuh-mudah-terserang-penyakit-aHPkRl7HG4.jpg Tas di Lantai (foto: Ist)

BANYAK orang yang tak senang sakit. Namun mereka menyalahkan orang lain yang dianggap berkontribusi membawa penyakit untuknya.

Padahal, lebih banyak penyakit datang dari diri sendiri. Mulai dari pola hidup yang tak sehat hingga kebiasaan yang tanpa disadari memiliki risiko tinggi dalam menyebarkan kuman.

Kebiasaan apa saja yang rentan membuat seseorang terserang penyakit? Simak ulasannya dilansir dari Thesun, Selasa (10/10/2017):

Meletakkan tas di lantai

Tas yang selalu Anda bawa ke mana-mana lebih rentan terhadap kuman. Uang, kartu kredit, kartu nama, dan beberapa benda lain dapat membawa kuman yang semakin lama semakin berkembang di dalam tas. Terutama jika Anda menyimpan makanan di dalam tas dan meletakkannya di lantai.

Untuk mencegahnya, gantunglah tas Anda di gantungan daripada meletakkannya di lantai, terutama di dalam bilik toilet. Jangan pula meletakkan tas tersebut di meja makan, karena bisa saja membawa bakteri dari tempat lain.

“Kosongkan bagian dalam tas Anda dan kemudian bersihkan bagian luar sekali sebulan, dan sikat kain setiap minggu,” ujar ahli kebersihan Vicky Silverthorn.

Menggunakan telefon genggam di toilet

Toilet adalah salah satu tempat yang menjadi sarang kuman di dalam rumah. Jadi meskipun Anda tak menyentuh lantai toilet dengan tangan atau kaki telanjang, kuman bisa melekat dari berbagai benda. Termasuk jika Anda membawa telefon genggam ke dalam toilet.

Menurut ahli mikrobiologi dari London Metropolitan University, Dr Paul Matewele, menyentuh ponsel antara menggunakan toilet dan mencuci tangan dapat menyebabkan penyakit. Beberapa kuman seperti E. Coli dapat menyebabkan infeksi saluran kemih hingga penyakit usus. Sedangkan C. Diff dapat menyebabkan diare dan infeksi pernapasan menular.

Tak mencuci tangan sebelum atau setelah memegang remote

Remote televisi adalah salah satu sarang kuman. Jika Anda tidak mencucinya secara teratur maka Anda bisa terkena penyakit yang disebabkan oleh kuman-kuman tersebut. Agar aman, Profesor Mikrobiologis Sally Bloomfield mengatakan Anda harus melakukan pembersihan rutin di dalam rumah termasuk remote televisi.

Tak melepas sepatu di rumah

Jika Anda tak melepas sepatu setelah bekerja seharian, maka Anda rentan terserang penyakit. Sebab, sebuah studi di University of Houston menemukan bahwa 39,7 persen sepatu yang mereka uji membawa bakteri C. diff. Bakteri jenis ini bisa menyebabkan berbagai penyakit, mulai dari diare hingga infeksi fatal.

“Ketika orang secara tidak sengaja menelan C. diff mereka bisa sakit parah. Jika Anda memiliki anak kecil yang merangkak di lantai, lebih penting lagi jika tidak mengenakan sepatu outdoor di dalam rumah,” ujar Dr Paul.

Tidak mengganti spons di dapur

Spons pencuci piring harus dibersihkan dan diganti secara rutin. Karena jika tidak diganti, spons ini memiliki bekas bakteri coliform yang mengandung salmonella dan E. coli.

“Spons adalah tempat berkembang biak yang ideal bagi mikroba karena kita menyediakan lingkungan yang hangat, lembab, dan bergizi dari limbah makanan kepada mereka,” jelas Dr Paul.

Untuk menghindari penyebaran penyakit yang disebabkan bakteri dalam spons, ganti spons setiap bulan dan cuci spons dengan suhu tinggi seminggu sekali.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini