Image

Sudah Tua, Kenapa Susah Salat?

Vessy Frizona, Jurnalis · Kamis 12 Oktober 2017, 04:18 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 10 11 196 1793294 sudah-tua-kenapa-susah-salat-nRzhPGaXFZ.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

BANYAK orangtua mengeluh betapa susahnya menyuruh anak salat. Berbagai upaya terus dilakukan agar anak-anak terbiasa mengerjakan salat. Mulai dari menyuruh, menasihati, hingga mendoakan.

Untuk anak-anak mungkin masih bisa dimaklumi jika salatnya masih ‘bolong-bolong’ karena dalam tahap belajar. Tapi bagaimana dengan orang dewasa? Di saat seharusnya sudah sadar akan kewajiban melakukan ibadah.

Mungkin banyak di sekitar kita orang dewasa yang sibuk dengan urusan duniawi. Mereka dengan entengnya meninggalkan salat. Bahkan di saat usia sudah matang, masih juga susah salat. Padahal, mereka tahu bahwa salat adalah kewajiban seorang muslim dan berdosa jika tidak melaksanakannya.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Allah SWT telah menjelaskan dalam firman-firmannya di Alquran tentang orang yang malas salat dan melakukan ibadah lainnya. Allah Ta’ala menyebut mereka adalah orang yang munafik.

“Sesungguhnya orang-orang munafik itu menipu Allah, dan Allah akan membalas tipuan mereka. Dan apabila mereka berdiri untuk salat mereka berdiri dengan malas. Mereka bermaksud riya (dengan shalat) di hadapan manusia. Dan tidaklah mereka menyebut nama Allah kecuali sedikit sekali” (QS. An-Nisa : 142).

Menyepelekan salat termasuk kemungkaran besar. Dalam ayat lain Allah Ta’ala berfirman.

“Dan tidak ada yang menghalangi mereka untuk diterima dari mereka nafkah-nafkahnya melainkan karena kafir kepada Allah dan Rasul-Nya dan mereka tidak mengerjakan salat, melainkan dengan malas dan tidak (pula) menafkahkan (harta) mereka, melainkan dengan rasa enggan” (QS. At-Taubah : 54)

Ada beberapa sebab yang membuat seseorang susah melaksanakan salat dan ibadah lainnya. Beberapa penyebabnya adalah berasal dari gaya hidup yang jauh pola hidup islami. Misalnya sering melakukan maksiat.

“Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri.” (QS. Asy-Syura:30)

Maksud dari ayat tersebut ialah bahwa Allah Ta’ala telah murka kepada orang-orang yang sering melakukan perbuatan dosa dan maksiat. Dosa-dosa kecil yang sering dilakukan membuat hati jauh dari agama, dan Allah Ta’ala murka kepada orang-orang seperti itu. Allah Ta’ala telah melenyapkan manis dan indahnya iman.

Baca Juga: Manfaat Berdoa Dahulu Sebelum Berhubungan Suami-Istri, Salah Satunya Dilindungi dari Pandangan Jin

Baca Juga: Ayah Berhalangan Menikahkan, Bolehkah Pakai Wali Hakim? Ini Aturannya

Baca Juga: VIRAL! Kisah Orangtua Non Muslim Antar Anaknya ke KUA untuk Masuk Islam

Selain disebabkan karena sering melakukan perbuatan dosa, malas salat juga dapat disebabkan karena orang tersebut sudah lupa akan kematian. Demikian dikutip dari berbagai sumber.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini