nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Hal yang Bisa Membuat Dapur Kecil Terlihat Lebih Besar

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 12 Oktober 2017 04:38 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 10 11 196 1793531 5-hal-yang-bisa-membuat-dapur-kecil-terlihat-lebih-besar-77ZncrolfM.jpg Ilustrasi dekorasi dapur (Foto: Idolza)

MEMPUNYAI dapur yang luas dan leluasa di dalam rumah yang ditinggali, biasanya jadi salah satu cita-cita banyak orang ketika sedang membangun rumah impian.

Dengan dapur yang luas dan besar, otomatis acara masak-memasak sekaligus kegiatan makan tentunya diharapkan bisa menjadi lebih menyenangkan karena dilakukan di lokasi yang memungkinkan pemiliknya untuk leluasa bergerak dinamis tanpa harus merasa khawatir takut menyenggol berbagai peralatan memasak dan peralatan makan yang terdapat di dapur.

Namun nyatanya, memang impian terkadang tidak berjalan sesuai dengan kenyataan. Dengan tinggal di sebuah rumah sederhana ataupun apartment minimalis, yang menjadikan akhirnya dapur yang dimiliki pun hanyalah sebuah dapur kecil nan sempit.

Eits, jika mengalami kondisi di atas, jangan buru-buru merasa patah semangat dulu! karena sebenarnya, ada loh sederet trik yang bisa dilakukan untuk menjadikan dapur yang kecil terlihat lebih besar dan lapang. Seperti apa triknya? Baca dulu ulasannya berikut ini, sebagaimana dilansir Thekitchn, Kamis (12/10/2017).

1. Pasang lampu : Lepaskan segera gorden yang menggantung di jendela dapur di rumah, lalu kemudian beri suasana baru dengan memasang lampu di atas meja dan posisikan sejajar dengan rak kabinet. Setelah memasang lighting, jangan lupa cat rak kabinet dengan warna glossy white. Dengan metode ini maka dapur akan menjadi lebih terang, cerah, sekaligus ringan yang menjadikan akhirnya terasa semakin lapang.

2. Gunakan satu shade warna : Tidak suka warna putih diaplikasikan untuk dapur? sah-sah saja kok! Tidak menjadi masalah karena Anda bisa memilih varian warna lainnya, namun yang perlu diingat adalah pilihlah satu tone warna untuk rak kabiner, dinding, sampai countertops agar tidak membuat tampilan ruang menjadi seolah terpotong-potong tidak menyatu antara satu sama lain.

3. Rak terbuka : Disarankan untuk menata rak kabinet, bisa dengan teknik open shelving yang artinya rak kabinet yang ada tidak memerlukan pintu penutupnya. Banyak yang tidak menyadari bahwa rak kabinet seringkali membuat dapur menjadi padat dan tampak sempit dari yang sebenarnya.

4. Garis vertikal : Seperti halnya ilusi garis vertikal pada tubuh saat dikenakan sebagai busana, yang menghasilkan tampilan ilusi tubuh terlihat lebih tinggi. Begitu juga efek pengaplikasian garis vertikal pada ruang. Penggunaan garis vertikal (misalnya pada tata letak sekat rak, ataupun jendela) bisa membuat dapur tampak lebih luas dan besar. Maka dari itu jangan ragu untuk menggunakan wallpaper vertikal ataupun long kabinet.

5. Minimalisasi barang : Semakin banyak barang yang terdapat di dapur, maka semakin sumpek dan padat pula dapur akan terlihat. Berikan rehat pada mata ketika berada di dapur, dengan cara meminimalisasi keberadaan barang-barang. Tempatkan seminimal mungkin barang-barang pada space yang dilihat pertama saat memasuki dapur lalu simpan dengan rapi segala barang dan peralatan di dalam laci ataupun kabinet.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini