nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Uniknya Nasi Buk Khas Madura yang Disajikan dengan Lodeh Rebung

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Rabu 11 Oktober 2017 14:39 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 10 11 298 1793290 uniknya-nasi-buk-khas-madura-yang-disajikan-dengan-lodeh-rebung-eGdBhsZjIB.jpg Nasi Buk (Foto: Twipost)

BANYAK ragam nasi khas yang disajikan di Indonesia, salah satu yang unik adalah nasi buk khas Madura. Apa keunikan nasi buk ini?

Nasi dari Madura, Jawa Timur ini sebetulnya merupakan nasi campur. Lauk campuran yang wajib adalah lodeh rebung, dendeng kelapa yakni daging yang dilumuri bumbu dan kelapa lalu dijemur dan digoreng serta pelengkap serundeng.

Dikutip dari buku 80 Warisan Kuliner Nusantara yang disusun oleh Semijati Purwadaria, Rabu (11/10/2017), nasi seperti ini dulunya disebut nasi campur, tetapi karena kebanyakan penjualnya ibu-ibu maka kemudian orang menyebutnya nasi Buk. Buk sendiri adalah panggilan Ibu untuk perempuan Madura.

Sebenarnya disebut nasi campur pun sah saja mengingat pilihan lauk yang tersedia banyak sekali. Beberapa lauk pelengkapnya antara lain dendeng paru, mendol tempe, aneka jeroan goreng dan ayam goreng. Ciri khas Maduranya terlihat dari sambal yang disediakan yakni sambal mentah yang terbuat dari cabai rawit dan campuran terasi.

Sekarang para penjual nasi buk mengganti sayur lodeh rebung dengan nangka karena alasan susahnya mencari rebung. Tapi kadang masih ada yang menghadirkan rebung meskipun dicampur dengan nangka muda.

Sayur lodeh ini memiliki kuah berwarna kuning pucat dan dibuat dari santan yang sangat encer. Sementara dendeng kelapanya terasa renyah dan gurih, cocok disandingkan dengan sayur lodeh yang rasanya tidak terlalu kuat.

Di Madura, tidak sulit menemukan nasi buk, setiap jalan atau pelosok kota Madura banyak kaum ibu yang menjual nasi ini. Meskipun populer di Madura tapi nasi buk ini bisa juga ditemukan di Malang hingga Surabaya.

Baca Juga: Ingin Mencegah Kanker Usus? Buah Nanas Jawabannya, Simak 3 Manfaat Lainnya

Baca Juga: Ingin Mendapat Manfaat Maksimal dari Buah? Ketahui Waktu Terbaik Mengonsumsinya

Secara umum, nasi buk terasa seperti makanan rumahan. Rasa lodehnya ringan karena santan yang digunakan merupakan santan encer. Tambahan cabai rawit juga membuat rasanya tidak terlalu pedas karena takaran cabai yang digunakan masih dalam batas normal. 

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini