Image

Banyak Dicontoh Negara Lain, Ketua MUI: Indonesia Menjadi Kiblat Produk Halal yang Dikenal Dunia

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 11 Oktober 2017, 16:57 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 10 11 298 1793433

PEMERINTAH sedang menggencarkan sosialisasi produk makanan halal. Karena saat ini, Indonesia dikategorikan sebagai pusat makanan halal yang sudah dikenal dunia.

Karena mayoritas penduduk Indonesia adalah Muslim, sehingga mereka menjadi konsumen setia yang selalu mencari produk halal, mulai dari makanan, obat-obatan, hingga kosmetik. Masyarakat juga tak perlu khawatir dengan segala macam produk berlabel halal saat berbelanja. Karena pemerintah telah menetapkan Undang-Undang No 33 Tahun 2014 tentang jaminan produk halal yang seharusnya dianut oleh produsen.

(Baca Juga: VIRAL! Video Efek Retak Jembatan Kaca di China Menuai Reaksi Keras dari Masyarakat)

Untuk pengawasannya, Kementerian Agama telah bekerja sama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) membentuk Lembaga Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH). Adanya lembaga tersebut, membuat masyarakat semakin yakin menggunakan produk halal.

(Baca Juga: Mantap! Raja dan Ratu Belgia Kagumi Artefak Kuno Indonesia)

Di sisi lain, Ketua MUI KH Maaruf Amin mengatakan, Indonesia menjadi kiblat produk halal yang dikenal dunia. Karena untuk menetapkan jaminan produk halal, sistemnya banyak dicontoh oleh dunia. Termasuk dengan beragam jenis produk makanan yang banyak diproduksi di Indonesia. Banyak pula restoran halal di Tanah Air yang diincar dunia.

"Pusat produk halal, terutama makanan ada di Indonesia. Kami buat lembaga ini juga menguntungkan masyarakat supaya tidak ragu konsumsi makanan halal," kata Maaruf di sela Peresmian Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal di Kantor Kementerian Agama, di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (11/10/2017).

Maaruf menambahkan, MUI dalam hal ini berwenang untuk memberi pemfatwaan terhadap jaminan produk. Selain itu, juga menjadi lembaga sertifikasi yang dibutuhkan oleh produsen.

(Baca Juga: Terungkap! Misteri di Balik Bau Menyengat dan Rasa Durian yang Tajam)

Dalam pengurusan produk halal, MUI menjamin tak bakal menyulitkan para pengusaha. Ditargetkan pula, mereka bisa mendaftar produk halal supaya tidak meragukan masyarakat.

"MUI lembaga yang memberikan fatwa dan memeriksa produk halal. Produk halal menjadi kehidupan kita dan harus mendunia karena bisnisnya luar biasa," tuturnya.

Pada kesempatan sama, Ketua BPJPH Ir Soekoso menambahkan, jika suatu produk terdapat label halal, pasti laku dibeli konsumen. Kebijakan produk halal ini nampaknya telah ditunggu oleh masyarakat.

"Tanda halal pada produk salah satu isntrumen penting supaya laku di pasar internasional," ujar Soekoso.

Karena itu, menurut dia, jaminan produk halal dijamin sangat mendunia hingga saat ini. Juga, telah dijamin keuntungannya besar bagi industri makanan, kosmetik dan obat-obatan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini