Akhirnya Terungkap! Ini Alasan Wanita Lebih Suka Bergosip Dibanding Pria

Annisa Aprilia, Jurnalis · Rabu 11 Oktober 2017 08:22 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 11 481 1793034 akhirnya-terungkap-ini-alasan-wanita-lebih-suka-bergosip-dibanding-pria-BCSw4zS107.jpg Wanita Suka Bergosip (Foto: Dailymail)

GOSIP pasti sangat identik dengan wanita. Seperti wajar adanya dan telah jadi kebiasaan, para wanita kerap lebih sering terdengar bergosip daripada kaum laki-laki. Sebenarnya apa alasan wanita-wanita ini bergosip?

Kebanyakan wanita tidak mampu menolak gosip yang bagus. Wanita memiliki kebutuhan evolusioner dasar untuk menyuarakan keprihatinan mereka pada teman. Wanita juga terbiasa saling berbagi informasi tentang orang lain dengan berbagai cara, seperti yang dikutip dari Daily Mail, Rabu (11/10/2017).

BACA JUGA:

Hampir sebagian besar wanita di dunia ini pasti pernah bergosip atau dijadikan bahan gosip. Padahal, materi atau isi dari hal yang digosipkan belum tentu benar keberadaannya dan kejadiannya. Namun, para wanita tetap asyik menggunjingkan orang lain, tanpa sadar dirinya pun bisa dijadikan bahan gosip diantara teman-temannya.

Lebih lanjut, seperti yang terdapat dalam laman Daily Mail, ternyata keinginan untuk bergosip itu berasal dari kebutuhan yang lebih dalam untuk melindungi masyarakat tempat mereka tinggal. Seorang penulis dan professor linguistik, Duels and Duets juga mengatakan gosip memiliki suara yang merendahkan, tapi ada arti tertentu di dalamnya.

“Gosip yang dilakukan wanita memang cenderung bersuara merendahkan, tapi dengan cara tesebut wanita dapat melayani kode moral masyarakat,” ucapnya.

Berbeda dengan pria, jika wanita lebih memilih untuk bergosip daripada menyampaikan suara atau pendapatnya langsung pada orang yang bersangkutan, para pria justru menunjukkan sikap kepedulian mereka dengan ucapan langsung ke orang tersebut.

“Jika dua orang saling bertemu, para pria biasanya langsung mengatakan hal yang jujur mengenai perut temannya yang buncit dan gaya rambutnya yang sudah mulai menipis, sementara wanita tidak pernah mengatakan dan tidak melakukan hal itu,” sambungnya.

Duels and Duets juga mengatakan, gadis-gadis lebih cenderung berpendapat pada teman-teannya tentang penampilan seseorang daripada memberitahu orang tersebut secara langsung di hadapan mereka. Para wanita terbiasa berbagi informasi satu sama lain dengan bergosip.

“Ketika wanita mengobrol bersama dengan mengungkapkan sisi rahasia mereka kepada teman, hal tersebut dapat memperkuat hubungan mereka,” ucapnya lagi.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini