nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penyakit Croup Serang Anak di Musim Hujan, Mirip Flu dan Sulit Dicegah

Agregasi Sindonews.com, Jurnalis · Rabu 11 Oktober 2017 17:56 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 10 11 481 1793497 penyakit-croup-serang-anak-di-musim-hujan-mirip-flu-dan-sulit-dicegah-1UizJKKyEy.jpg Ilustrasi (Foto: Google)

MUSIM hujan sangat rentan bagi anak terserang penyakit, terutama pada bagian pernapasan, seperti croup. Gejalanya mirip flu, namun sulit dicegah.

Croup merupakan salah satu jenis penyakit yang cukup rawan terjadi pada cuaca dingin. Dilansir The Sun, ada beberapa hal yang harus diketahui kaum ibu seputar penyakit tersebut.

Krup atau dengan nama lain laringotrakeobronkitis ini, adalah suatu infeksi virus yang menyebabkan peradangan dan pembengkakan pada saluran pernapasan bagian atas (laring, trakea, dan bronkus).

Croup biasanya dapat dikenali melalui batuk yang khas, yakni batuk kering, disertai dengan sesak napas. Namun, tak perlu khawatir, pada hampir semua kasus, penyakit ini dapat didiagnosis dengan mudah oleh dokter umum.

Sebagian besar kasus croup akan sembuh dalam waktu 48 jam. Namun pada beberapa kasus, penyakit ini dapat bertahan selama 2 minggu.

Seperti halnya penyakit pernapasan lain, croup juga dapat menyebar dengan cara mirip dengan flu biasa dan sangat sulit untuk dicegah.

Untuk mengantisipasi penyebaran penyakit ini, hal terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan menjaga kebersihan. Hal-hal yang bisa dilakukan, di antaranya mencuci tangan dengan benar dan membersihkan lingkungan sekitar.

Beberapa vaksin seperti MMR, bisa melindungi beberapa infeksi yang dapat menyebabkan croup. Jika anak sudah mengalami gejala seperti di atas, ada baiknya Anda waspada. Jika terus berkelanjutan, baiknya berkonsultasi ke dokter. Demikian ditulis situs Sindonews.

Baca Juga:

Minum Viagra demi Tahan Lama di Ranjang, Bagaimana dengan Pasien Penyakit Jantung?
Ingin Mencegah Kanker Usus? Buah Nanas Jawabannya, Termasuk Punya 3 Manfaat Lain
6 Kesalahan Sering Dilakukan saat Membersihkan Organ Intim, Termasuk Pakai Sabun Mandi
Selain Semangka, 8 Buah dan Sayur Ini Baik untuk Penderita Darah Rendah

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini