Image

Budaya Minangkabau, Sumatera Barat Punya Ruang Tersendiri di IMFW 2017

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 12 Oktober 2017 19:25 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 10 12 194 1794305 budaya-minangkabau-sumatera-barat-punya-ruang-tersendiri-di-imfw-2017-89QZwiVKFb.jpeg Indonesian Modest Fashion Week 2017 (Foto: M. Sukardi/Okezone)

INDONESIA kaya akan budaya dan tradisinya. Setiap daerah yang ada di negara ini sepertinya punya keunikannya tersendiri. Tak terkecuali Minangkabau, Sumatera Barat.

Nah, melihat kekayaan budaya yang ada di Minangkabau, Indonesia Modest Fashion Week (IMFW) 2017 akhirnya menyajikan unsur fashion di wilayah itu untuk diperkenalkan secara luas di tanah air maupun luar negeri.

BACA JUGA:

Minangkabau Fashion Festival namanya. Pagelaran ini dilangsungkan di JCC, Jakarta, Kamis (12/10/2017). Festival ini juga menjadi pembuka dari rangkaian IMFW 2017 yang dimulai hari ini sampai dengan 15 Oktober 2017.

 

Nah, salah satu keunikan dari acara IMFW 2017 m adalah adanya aksesori bernama Tengkuluk yang dikenakan masing-masing ketua dekranas Provinsi Sumatera Barat. Seperti sebuah turban, aksesori kepala itu menghiasi beberapa perempuan yang hadir di event tersebut.

Dan yang lebih spesialnya lagi, setiap ketua yang mengenakan aksesori kepala itu ikut berlenggok di runway.

Perlu Anda ketahui, ternyata tengkuluk yang dipakai itu punya maknanya sendiri-sendiri, lho.

Misalnya saja tengkuluk seperti tanduk kerbau yang memiliki makna filosofi kemauan hati yang tinggi, gigih, dan tidak mudah untuk berputus asa. Sementara itu, untuk tengkuluk yang tumpul, maknanya adalah keberanian dan rasa tidak ingin menyakiti orang lain.

Nah, jika diperhatikan lebih detail, bentuk dari tengkuluk itu sendiri seperti turban memang. Namun, yang membedakannya adalah bahan yang mana merupakan kain nusantara khas Sumatera Barat. Tak hanya itu, aksesori seperti emas dikaitkan di tengkuluk tersebut agar memberi kesan mewah.

 

Kembali ke Minangkabau Fashion Festival, dijelaskan Ketua Dekranasda Provinsi Sumatera Barat Nevi Irwan Prayitno, budaya Minang merupakan salah satu kekayaan bangsa Indonesia yang sudah dikenal dan dikagumi banyak pihak. Diharapkan, sambung Nevi, para designer muda Sumatera Barat dapat terus mengembangkan dan melestarikan budaya Minang.

 

BACA JUGA:

Di Minangkabau Fashion Festival ini, diselenggarakan juga Lomba Desain Motif Batik Minang, Lomba Desain Cenderamata Ikon Minang, dan Lomba Fashion Designer Competition. Belum berhenti di situ, ada juga Lomba Kreasi Busana Pengantin Tradisional Minangkabau.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini