Image

URBAN FOOD: 2 Olahan Ikan Tuna Siap Menggoyang Lidah Anda, Martabak Tuna Patut Dijajal

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 13 Oktober 2017, 06:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 10 12 298 1793952 urban-food-2-olahan-ikan-tuna-siap-menggoyang-lidah-anda-martabak-tuna-patut-dijajal-llhMenvy0E.jpg Ilustrasi martabak tuna (Foto:Tipscara)

INGIN membuat sarapan yang mengenyangkan sekaligus sehat? Anda bisa coba membuat olahan tuna di rumah. Seperti diketahui, ikan tuna merupakan salah satu makanan laut yang mengandung banyak gizi dan juga sangat praktis untuk diolah.

Kali ini Okezone akan membagikan 2 rekomendasi resep olahan ikan tuna yang lezat dan siap manjakan lidah Anda. Kedua hidangan ini bisa menjadi menu sarapan favorit bagi seluruh anggota keluarga. Berikut resep lengkap membuat dadar gulung tuna dan martabak tuna untuk menu sarapan, sebagaimana dikutip dari buku Gemar Makan Ikan: 25 Resep Olahan Ikan Tuna dan Salmon, karya Lilly T. Erwin, Jumat (13/10/2017)

BACA JUGA: Heboh! Muncul Kue Bentuk Wajah Penuh Jerawat, Mau Coba Makan?

 

Dadar gulung tuna

Bahan

Minyak secukupnya, untuk olesan

Kulit

100 gram tepung terigu

300 ml air

2 butir telur

1/2 sdt garam

Isi

10 lembar daun selada keriting

150 gram daging ikan tuna, kukus dan suwir kecil

2 sdm minyak, untuk menumis

100 ml kaldu

1 sdm tepung maizena

Bumbu

2 sdm bawang bombai cincang

1 sdt bawang putih cincang

1 sdt merica bubuk

1 sdt garam

Cara membuat

1. Campur semua bahan kulit dadar menjadi satu, aduk hingga menjadi adonan yang licin dan tidak berbutir;

2. Panaskan wajan datar antilengket, olesi sedikit minyak. Tuang adonan, buat dadar tipis hingga matang sebanyak 15 buah, sisihkan;

3. Panaskan minyak, tumis bawang bombai dan bawang putih hingga harum. Masukkan daging tuna suwir, merica, dan garam, aduk dan masak hingga bumbu tercampur rata. Terakhir tuangkan larutan tepung maizena, aduk dan masak hingga matang. Angkat dan biarkan dingin;

4. Bentangkan dadar, tutup sudut atasnya dengan daun selada, isi dengan tumisan tuna, lalu lipat dua dan tekuk bagian kanan dan kiri ke arah tengah. Dapat juga, setelah diisi tuna, dadar lalu digulung. Pada gulungan terakhir berli lipatan dengan daun selada. Lakukan hal yang sama hingga adonan habis. Hidangkan.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini