Image

Ini 10 Ikan Paling Favorit Orang Jepang, Nomor 1 Ternyata Bukan Tuna

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Jum'at 13 Oktober 2017, 06:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 10 12 298 1794077 ini-10-ikan-paling-favorit-orang-jepang-nomor-1-ternyata-bukan-tuna-f4zBTtmEnw.jpg Ikan tuna (Foto:Organicsfact)

KONSUMSI ikan di Jepang bisa dibilang yang cukup tinggi. Pemerintahnya mengharuskan masyarakat rutin mengonsumsi ikan, ini juga alasan kenapa banyak masakan olahan Jepang yang dibuat menggunakan ikan.

Hampir semua jenis ikan air tawar maupun laut jadi bahan masakan lezat, tapi ternyata dari banyaknya jenis ikan yang diolah, masyarakat Jepang punya urutan tingkat kesukaannya. Satu hal yang mengejutkan, meskipun banyak digunakan pada masakan ternyata ikan tuna bukan yang paling favorit lho.

BACA JUGA: Terungkap! Misteri di Balik Bau Menyengat dan Rasa Durian yang Tajam

Dilansir dari Rocketnews, Jumat (13/10/2017) sebuah lembaga survei baru saja merilis daftar 10 urutan ikan favorit di Jepang. Sebanyak 1000 sampel yang terdiri dari pria dan wanita pada rentang usia 20 sampai 60 tahun diminta untuk memilih jenis ikan yang paling mereka suka.

Selain jenis ikannya, survei ini juga mengharuskan para responden untuk menjawab seberapa sering mengonsumsi ikan serta olahan masakan apa yang paling disuka. Mayoritas responden menjawab mereka makan ikan beberapa kali dalam seminggu. Sementara olahan masakan yang pqling disukai adalah yang simpel dan mudah dibuat. Lebih dari 70 persen responden menjawab suka memanggang ikan fillet sementara 63,8 persen suka makan sashimi dan 50 ,4 persen lebih memilih sushi.

Lalu bagaimana urutan daftar ikan paling favorit di Jepang?

Pada urutan ke 10 ada ikan Shishamo smelt. Ikan dengan mata bulat dan tubuh kecil ramping ini ternyata banyak disukai orang Jepang. Ikan jenis ini biasa dimasak dengan cara dipanggang utuh ataupun disantap bersama perasan air jeruk lemon dan garam.

 

Di urutan ke-9 ada ikan Japanese yellowtail atau ikan buri. Di restoran Jepang akan mudah menemukan ikan ini di restoran sushi dan sashimi. Ikan buri juga populer saat musim dingin tiba, biasanya ikan ini dimasak dengan kecap, mirin dan gula. Selain itu pelengkap seperti lobak daikon kerap mendampingi olahan ikan buri.

Ikan jenis sea bream jadi pilihan di nomor 8. Ikan ini sering dikaitkan dengan keberuntungan dan kesuksesan, oleh karena itu ikan ini tak pernah luput dari pesta pernikahan ataupun hari besar di Jepang.

Jenis ikan favorit selanjutnya adalah ikan bonito atau katsuo. Jelas ikan ini jadi kesukaan banyak orang karena serpihan katsuobushi punya rasa gurih yang lezat jika ditambahkan dalam berbagai jenis makanan. Sementara posisi ke-6 ditempati unagi atau belut. Tekstur belut yang kenyal dan rasanya yang gurih mampu membuat banyak orang suka menyantapnya. Apalagi ketika musim dingin tiba, menyantap unagi dipercaya bisa membuat tubuh hangat sekaligus menjaga kelembaban kulit. Urutan ke-5 ada ikan makarel yang banyak dijadikan ikan kalengan berlumur saus.

BACA JUGA: POP SUGAR: ALAMAK, Ada Donat ala Harry Potter! Seperti Apa Bentuknya?

Dan urutan 3 teratas diisi oleh ikan horse mackarel dan ikan pacific saury. Dua ikan ini sering dijadikan campuran pada sushi atau dijadikan kudapan dengan cara digoreng. Ikan ini dianggap sebagai makanan yang paling mudah diolah, cukup memanggangnya sebentar, dua jenis ikan ini sudah bisa disajikan sebagai santapan nikmat.

Posisi kedua ditempati ikan tuna sirip biru. Responden pria maupun wanita sepakat menyukai jenis ikan ini. Meskipun sangat sering hadir sebagai sushi atau sashimi ternyata ikan tuna bukanlah diurutan pertama ikan favorit masyarakat Jepang.

Posisi pertama yang juga menandakan jenis ikan ini adalah yang paling populer dan favorit, yakni ikan salmon. Ikan ini bisa diolah jadi menu sarapan, makan siang maupun makan malam. Salmon juga jadi santapan lezat yang mudah dibuat. Teksturnya yang lembut serta juicy membuatnya seolah meleleh di dalam mulut. Meskipun harganya lumayan tinggi tapi ikan salmon tetap jadi yang favorit.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini