Image

Serunya Ikut Makan Es Krim sambil Berdiri di Hanoi!

Dada Sathilla, Jurnalis · Jum'at 13 Oktober 2017, 07:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 10 12 298 1794105 serunya-ikut-makan-es-krim-sambil-berdiri-di-hanoi-SkZBnBFt8S.jpg Makan es krim sambil berdiri di Hanoi (Foto:Dada)

NUANSA Eropa masih terasa di beberapa titik di Hanoi, Vietnam. Bangunan peninggalan Prancis pun masih sering digunakan hingga kini. Salah satu budaya Eropa yang tetap eksis adalah makan es krim di tengah Kota Hanoi. Turis maupun warga lokal sering terlihat menikmati es krim sambil berdiri di kawasan French Quarter, Hanoi.

Terletak di area French Quarter dimana kawasan ini penuh dengan gedung - gedung kuno bergaya kolonial Prancis, toko es krim Trang Tien atau Kem Trang Tien terlihat mencolok dengan warna hijau. Saya melihat antrean para pengunjung yang mengular demi mendapatkan sepotong es krim batangan. Turis juga ikut berbaur mengantre karena mendengar kepopuleran es krim legendaris ini atau membacanya dari berbagai review dan rekomendasi dari blog para traveler. Adanya car free day di sekitar danau Hoan Kiem hingga jalan Trang Tien membuat pengunjung leluasa mengantre hingga ke jalan raya.

BACA JUGA: 

Baru Tahu, Ternyata Selama Ini Penyebutan Nama Chai Tea Salah!

Karena penasaran saya ikut mengantre. Dari dekat saya melihat kalau toko es krim Trang Tien berada di dalam gedung tua peninggalan Prancis. Suasananya agak mirip dengan gedung - gedung tua peninggalan Belanda yang ada di Indonesia. Ada beberapa ruangan berbeda yang menyajikan es krim berbeda pula. Di bagian depan toko dijual es krim mochi, di bagian dalam gedung ada konter lain yang menjual es krim stik/ batang, es krim soft serve dan es krim cone.

 

Pemisahan tempat ini memudahkan saya mengantre di konter es krim yang saya mau, yaitu es krim stik tanpa harus antre panjang dengan pembeli es krim lain. Yang unik dari toko es krim ini tak ada meja dan kursi di dalamnya. Ya.. jadi pembeli mesti makan es krim sambil berdiri ! Tapi ternyata hal ini malah jadi unik dan bagian budaya makan es krim di Hanoi. Selain itu motor dibolehkan masuk ke dalam toko dan parkir di dekat konter es krim lho. Tentunya di weekday saja karena saat weekend area Trang Tien tertutup untuk kendaraan bermotor.

Meski es krim Trang Tien sudah terkenal sejak dibuka tahun 1958 dan selalu diburu turis yang datang ke Hanoi, tak membuat pemilik toko menjual es krimnya dengan harga mahal. Saya agak kaget saat melihat daftar harga es krim Trang Tien ini. Sepotong es krim stik harganya 7.000 - 8.000 Dong atau sekitar Rp3.500 - 4.000 saja! Ada beberapa rasa yang bisa dipilih yaitu taro, kacang hijau, santan, cokelat danes krim serpihan beras. Yang saya pilih adalah es krim santan. Hmm rasanya segar dan manisnya pas.

BACA JUGA:

FOOD STORY: Menikmati Saprahan, Melestarikan Kebersamaan & Adab Orang Melayu

Es krim cone harganya 12.000 Dong atau sekitar Rp6.000 saja. Cuma hanya ada satu rasa yaitu vanilla. Es krim yang ini waktu saya coba rasa manisnya pas, tak memualkan dan segar pastinya. Cocok diminum saat udara panas. Sebenarnya cuaca di Hanoi sedang memasuki musim gugur. Tapi kadang saat tengah hari juga terasa panas jadi cocok untuk minum es krim. Es krim Trang Tien terletak di jalan Trang Tien 35 dan buka setiap hari dari jam 8 pagi - 9 malam.

Selain es krim legendaris, di area Trang Tien juga ada toko es krim lainnya yang lebih modern dan bernuansa ala Prancis yaitu Fanny ice cream. Disini pengunjung bisa duduk dan minum es krim dengan berbagai toppimg seperti kacang, saus cokelat, crepe hingga wafer. Satu scoop es krim di Fanny harganya mulai dari 20.000 Dong atau Rp10.000.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini