Image

WALK & WOK: Banh Mi, Sandwich Panjang nan Lezat ala Vietnam dengan Citarasa Perancis

Dada Sathilla, Jurnalis · Jum'at 13 Oktober 2017, 05:14 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 10 12 298 1794352 walk-wok-banh-mi-sandwich-panjang-nan-lezat-ala-vietnam-dengan-citarasa-perancis-c5EL8mkZ8H.jpg Foto: Dada/Okezone

PERPADUAN budaya Perancis dengan Vietnam melahirkan berbagai jenis makanan unik seperti Banh Mi. Berbentuk seperti sandwich yang diisi daging atau telur dan sayuran, Banh Mi cocok dijadikan menu sarapan dan makan siang. Karena harganya yang murah dan mudah ditemukan Banh Mi bisa dibilang sebagai makanan Vietnam yang paling populer hingga ke seluruh dunia. 

Berawal dari masa penjajahan Perancis di Indochina sejak akhir abad ke-19, Perancis mengenalkan beberapa makanan khasnya ke rakyat Vietnam. Salah satunya adalah baguette atau roti khas Prancis yang bentuknya panjang dan renyah. Baguette terbuat dari adonan tepung, ragi, garam dan air. Saat diperkenalkan ke Vietnam, baguette bertransformasi menjadi Bahn Mi yang berarti roti gandum. 

Beda dengan baguette yang renyah, tekstur Banh Mi lebih padat karena terbuat dari tepung beras dan gandum. Bentuknya pun tak begitu panjang seperti baguette. Kini Banh Mi menjadi makanan khas Vietnam yang paling terkenal di dunia selain Pho.

Sebabnya jelas, Harga Banh Mi murah, mudah ditemukan dimana saja karena kebanyakan Banh Mi dijual di pinggir jalan, mengenyangkan dan bentuknya simpel. Makanya  Banh Mi cocok dijadikan menu sarapan atau bekal. Karena mengenyangkan, Banh Mi juga sering dijadikan menu makan siang. 

Setelah perang Vietnam berakhir pada tahun 1975, Banh Mi mulai terkenal di Amerika Serikat karena mulai dijual oleh para pengungsi Vietnam di Amerika. Di Perancis, Banh Mi dikenalkan oleh para pelajar dan komunitas Vietnam yang tinggal di negara bekas penjajah negerinya tersebut. 

Para perantau ini memulai bisnis food truck Banh Mi dan juga jaringan restoran fast food. Pertama yang tertarik membeli adalah warga keturunan Vietnam. Kemudian Banh Mi menjadi populer dan dikonsumsi oleh orang barat hingga menjadi salah satu makanan Asia yang paling terkenal. Saking populernya, konon di setiap kota di Amerika Utara pasti ada kedai Banh Mi. Wow, keren! 

(Baca Juga: Tak Mau Kalah dengan Hamish Daud, Raffi dan Denny Cagur Pun Beri Dukungan Achintya Nilsen di Miss World 2017)

(Baca Juga: Tak hanya Jaga Berat Badan, Minum Air Putih 8 Gelas Juga Cegah Infeksi Kemih)

(Baca Juga: Mengobati Batuk hingga Cegah Kanker, Manfaat Cokelat untuk Kesehatan yang Belum Diketahui)

(Baca Juga: Liburan Seru ala Jokowi, dari Mulai Melancong ke Raja Ampat hingga ke Kebun Binatang Ragunan)

Di negeri asalnya, Vietnam, Banh Mi masih menjadi favorit warga lokal dan juga turis. Bahn Mi isi telur dadar biasanya dijadikan pilihan sarapan yang ringkas dan simpel. Harga Banh Mi telur di pedagang kaki lima biasanya hanya Rp15.000. Ada juga berbagai varian Banh Mi yang bisa dipilih sesuai selera, seperti Banh Mi isi daging babi, Banh Mi isi daging ayam, ikan, bebek, bahkan Banh Mi vegetarian yang berisi sayuran dan keju. Setiap macam Banh Mi disajikan dengan sayuran seperti wortel, ketimun dan acar. Lalu ditambahkan saus sambal serta mayones. 

Saat traveling ke Hanoi, Vietnam, paling mudah menemukan Banh Mi di area Old Quarter. Di kawasan wisata ini Banh Mi dijual di pinggir jalan maupun di kios dengan harga mulai dari 20.000-40.000 Dong atau Rp10.000-20.000 saja. Satu kedai Banh Mi yang terkenal di kawasan ini adalah Banh Mi 25 yang berada di 25 Hang Ca, Hoan Kiem. 

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini