nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Baru 16 Menit Terbang, Pilot Pingsan di Kokpit dan Pesawat Mendarat Darurat

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 12 Oktober 2017 11:14 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 10 12 406 1793872 baru-16-menit-terbang-pilot-pingsan-di-kokpit-dan-pesawat-mendarat-darurat-PcGx16JeLr.jpg Pilot Pingsan (Foto: Express)

KETIKA bepergian ke suatu tempat menggunakan transportasi umum, Anda harus memercayakan perjalanan kepada pengemudi. Entah itu supir, masinis, nahkoda, ataupun pilot. Akan tetapi, bagaimana jika pengemudi memiliki masalah? Hal inilah yang dirasakan oleh penumpang pesawat sebuah maskapai penerbangan.

Pesawat Thomson yang berangkat dari Newcastle menuju Larnaca, Siprus terpaksa harus melakukan pendaratan darurat di Sofia, Bulgaria karena pilot yang mengemudikannya pingsan di kokpit. Kala itu, pesawat baru terbang sekira 16 menit. Para awak kabin langsung bergegas mengambil tabung oksigen untuk memberikan pertolongan kepada pilot tersebut.

Kejadian ini tentu membuat para penumpang merasa panik dan takut. Salah seorang penumpang mengatakan, “Itu adalah kejadian yang mengerikan. Sekilas saya melihat ke dalam pintu kokpit untuk memastikan apa yang terjadi. Ada kopi yang terjatuh dan pilot sudah dalam kondisi berbaring di lantai. Benar-benar hal yang tidak ingin Anda lihat di pesawat.”

Pihak maskapai membenarkan bahwa penerbangan harus ditunda karena pilot sedang sakit. “Pendaratan darurat terpaksa harus dilakukan di Sofia, Bulgaria yang merupakan bandara terdekat. Pilot harus dibawa ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pemeriksaan,” ujar juru bicara maskapai seperti yang dikutip dari Express, Kamis (12/10/2017).

Pendaratan darurat membuat penumpang harus menginap di hotel selama semalam agar mendapatkan penerbangan baru keesokan harinya. Seorang penumpang terpaksa menghabiskan biaya lebih dari £ 2.100 atau setara dengan Rp37 juta. Tapi menurutnya hal itu tidak masalah. “Uang bukanlah apa yang saya pikirkan. Saya lebih memikirkan kondisi pilot yang pingsan. Dia terpaksa dikeluarkan dari kokpit sebelum dibawa dengan tandu ke rumah sakit terdekat saat pesawat mendara,” tuturnya. Sementara penumpang lainnya lebih memilih menceritakan kejadian yang mereka alami ke akun media sosial miliknya.

Atas kesabaran penumpang, pihak maskapai menghaturkan rasa terima kasihnya. "Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada semua penumpang atas kesabaran mereka. Kami pun berusaha agar penumpang bisa segera mendapatkan penerbangan selanjutnya. Kesejahteraan semua penumpang dan kru yang bepergian bersama adalah prioritas kami setiap saat,” pungkas perwakilan pihak maskapai.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini