Image

Ultah ke-246, Pontianak Meriahkan dengan Tari Jepin Massal Sebanyak 2.460 Orang

Dina Prihatini, Jurnalis · Jum'at 13 Oktober 2017, 06:20 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 10 12 406 1794358 ultah-ke-246-pontianak-meriahkan-dengan-tari-jepin-massal-sebanyak-2-460-orang-WZLGG0TVaG.jpg

HARI jadi Kota Pontianak yang jatuh pada tanggal 23 Oktober 2017 dipastikan akan langsung diisi dengan acara menari Jepin bersama. Tak tanggung-tanggung sebanyak 2.460 orang siap menyemarakkan Hari Jadi (Harjad) Kota Pontianak ke-246 dengan menari Jepin massal. Perhelatan akbar bertajuk 'Pontianak Berjepin' itu akan melibatkan pegawai instansi pemerintahan serta masyarakat Kota Pontianak.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pontianak, Rendrayani mengatakan, gagasan awal Pontianak Berjepin ini, setelah beberapa kebudayaan Pontianak ditetapkan sebagai warisan budaya seperti saprahan, arakan pengantin dan kain tenun corak insang. Untuk itu, melalui Pontianak Berjepin ini sebagai salah satu upaya mengangkat budaya khas melayu.

"Diperkirakan peserta Pontianak Berjepin sebanyak 2.460 sesuai dengan hari Jadi Kota Pontianak ke-246. Sementara ini masyarakat yang sudah mendaftar sebanyak 500-an orang, pelajar 1.000, dan selebihnya akan diramaikan oleh ASN Pemkot," ujarnya kepada wartawan.

(Baca Juga: Tak Mau Kalah dengan Hamish Daud, Raffi dan Denny Cagur Pun Beri Dukungan Achintya Nilsen di Miss World 2017)

(Baca Juga: Tak hanya Jaga Berat Badan, Minum Air Putih 8 Gelas Juga Cegah Infeksi Kemih)

(Baca Juga: Mengobati Batuk hingga Cegah Kanker, Manfaat Cokelat untuk Kesehatan yang Belum Diketahui)

(Baca Juga: Liburan Seru ala Jokowi, dari Mulai Melancong ke Raja Ampat hingga ke Kebun Binatang Ragunan)

Ia menjelaskan, demi suksesnya tarian jepin massal ini, pihaknya menggandeng sanggar untuk mengaransemen lagu dan gerakan tari. Menurutnya, gerakan jepin ini sengaja diaransemen ulang sedemikian rupa sehingga memudahkan bagi siapa saja untuk mengikutinya. "Makanya gerakan Jepin yang dikreasikan ini tidak murni gerakan Jepin yang sebenarnya. Konsepnya sengaja kita buat sedemikian rupa sehingga mudah diikuti siapa saja," jelasnya.

Ririn, sapaan akrab Rendrayani, menambahkan, pihaknya menggelar latihan secara rutin demi lancarnya gawean Pontianak Berjepin nantinya. Latihan dilakukan rutin di lima lokasi berbeda. Untuk hari Selasa dan Kamis, latihan digelar di Halaman Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Jalan A Yani, Halaman Kantor Badan Keuangan Daerah dan Halaman Dinas Perhubungan. Kemudian, Rabu dan Jumat di Halaman Gedung Terpadu Jalan Sutoyo dan Halaman Kantor Wali Kota.

Lagu berjudul 'Kote Pontianak' akan mengiringi Pontianak Berjepin. Diperkirakan memakan waktu sekitar 10 menit sesuai dengan durasi lagu 3,50 menit dan ditambah yel-yel sebelum dimulainya berjepin.

"Terbuka untuk umum, siapa saja silakan bergabung Pontianak Berjepin syaratnya hadir ketika upacara dengan Pakaian Telok Belanga dan kain corak insang bagi laki-laki dan baju kurung dan kain corak insang bagi perempuan. Yang penting tepat waktu dan tidak mengganggu jalannya upacara," pungkasnya.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini