nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak hanya Jaga Berat Badan, Minum Air Putih 8 Gelas Juga Cegah Infeksi Kemih

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 12 Oktober 2017 10:18 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 10 12 481 1793840 tak-hanya-jaga-berat-badan-minum-air-putih-8-gelas-juga-cegah-infeksi-kemih-u4xaUu2arg.jpg Minum Air Putih (Foto: Zeenews)

Tahukah Ladies, saat Anda banyak minum air putih dapat mencegah terjadinya infeksi saluran kemih. Penyakit ini rentan Anda alami saat kekurangan asupan cairan yang membahayakan.

Mendukung fakta itu, studi terbaru mengklaim wanita yang memenuhi kebutuhan cairannya, termasuk rajin minum air putih dapat mengurangi risiko perempuan terkena infeksi saluran kemih.

Infeksi saluran kemih (ISK) salah satu penyakit infeksi bakteri yang bisa berdampak pada ginjal, ureter, kandung kemih dan uretra. Penyakit ini bisa saja dialami anak-anak bisa tidak mencukupi kebutuhan cairannya juga.

Seorang wanita sangat rentan mengalami infeksi saluran kemih, karena uretra lebih pendek daripada milik pria. Uretra jug lebih dekat ke anus, sehingga lebih mungkin bakteri berpindah dari kandung kemih.

Periset dari University of Miami di AS menemukan, wanita rata-rata hanya minum tiga hingga lima gelas sehari. Kebutuhan cairan yang disarankan untuk wanita dewasa yakni minimal 8 gelas sehari. Tak heran jika mereka terkena infeksi saluran kemih.

"Sementara dokter telah lama menduga bahwa kasusnya ISK dikaitkan dengan kekurangan asupan cairan. Tapi banyak wanita yang mengabaikan rekomendasi baik itu," ujar Penulis Studi Thomas M Hooton dari University of Miami. we

Membiasakan diri untuk minum air juga menjadi cara mudah untuk menjaga kebugaran tubuh. Air putih sangat aman dikonsumsi dan tidak mengandung kalori.

Minum lebih banyak cairan meningkatkan laju pembilasan bakteri dari kandung kemih. Selain itu, kemungkinan mengurangi konsentrasi bakteri yang masuk ke dalam kandung kemih dari Miss V.

Tak hanya mencegah infeksi, minum air putih juga dapat menjaga berat badan agar tetap ideal. Wanita mana yang tidak ingin tubuhnya langsing, seksi dan tetap bugar.

Penelitian ini melibatkan 140 wanita pramenopause sehat yang memiliki setidaknya tiga kasus ISK pada tahun lalu. Mereka semua melaporkan asupan cairan harian sangat rendah.

Setengah dari wanita yang menjadi responden rata-rata minum air kurang dari 1,5 liter per hari. Padahal cairan yang dibutuhkan oleh tubuh juga dapat dibantu oleh asupan makanan berkuah, minuman selain air putih, dan lainnya.

Setelah satu tahun, perempuan dalam kelompok uji coba tersebut banyak yang mengalami ISK. Hampir 48% responden yang pernah menderita penyakit ini.

"Jika seorang wanita menuderita ISK berulang, coba tingkatkan jumlah air yang diminum. Dampaknya akan sangat baik juga bagi kesehatan secara menyeluruh," kata Hooton, dilansir Zeenews, Kamis (12/10/2017).

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini