nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mitos-Mitos Seputar Diet, Cek Nomor 4 dan 5 Pernahkah Anda Mengalaminya?

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 12 Oktober 2017 10:52 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 10 12 481 1793859 mitos-mitos-seputar-diet-cek-nomor-4-dan-5-pernahkah-anda-mengalaminya-oaJAKDaMM9.jpg Ilustrasi (Foto: Ndtv)

ORANG awam sering menyalahartikan diet, bahkan mitosnya dipercayai. Padahal belum tentu hal tersebut Anda alami, karena setiap orang punya pengalaman berbeda.

Sebenarnya, diet sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan berbagai jenis makanan sehat yang menjaga kebugaran tubuh seseorang. Namun, saat kita mendengar kata diet, tujuannya pasti sekadar untuk menurunkan berat badan.

Padahal menjalani diet sehat juga membantu mengencangkan otot, mencegah penyakit tertentu, hingga untuk meningkatkan imunitas. Pada dasarnya pula, setiap orang wajib menjalani diet sehat untuk mencegah penyakit tertentu.

Seperti kita ketahui, diet memainkan peran penting dalam kesehatan. Semua nutrisi penting seperti vitamin, mineral, lemak, protein, serat, karbohidrat, harus disertakan dalam makanan harian Anda, tepatnya di piring makan.

Jika ada satu nutrisi hilang dari makanan untuk waktu yang lama, bisa menyebabkan seseorang alami kekurangan nutrisi. Hal inilah yang menyumbang kelainan penyakit serius.

Misalnya, jika Anda tidak mengonsumsi daging, susu atau makanan kaya protein, Anda mungkin menderita pemborosan otot. Bila Anda tak konsumsi vitamin C dalam jumlah cukup, akan mudah terkena penyakit infeksi.

Sayangnya, muncul beberapa mitos diet yang tidak boleh Anda percaya kalau tak ingin menderita penyakit. Ini dia ulasannya, dilansir Boldsky, Kamis (12/10/2017).

Makanan diet super mahal

Banyak dari kita merasa bahwa makanan diet yang dijual di toko harganya sangatlah malah. Termasuk sayuran dan jenis buah segar, harganya menipu konsumen. Padahal makanan diet seperti buah, sayur, aneka daging sangat murah dan manfaatnya melimpah.

Diet vegetarian tak dapat protein

Jika seseorang menjadi vegan, kendalanya masih dianggap kekurangan protein. Padahal wajib Anda tahu, sayuran seperti buncis, bayam, hingga kacang-kacangan mengandung protein dalam jumlah tinggi.

Sepenuhnya tak konsumsi gula

Anda yang sedang menjalankan diet jug butuh asupan gula. Kecuali jika Anda penderita diabetes, hanya boleh konsumsi makanan manis dari buah-buahan. Nah, saat diet normal, ketika tubuh menerima asupan gula tidak akan mempengaruhi rezim penurunan berat badan atau menjaga kesehatan Anda.

Tidak makan sumber karbohidrat

Salah besar kalau diet tak dicukupi dengan kebutuhan sumber karbohidrat. Mitos ini banyak dipercaya oleh banyak orang. Padahal, Anda sangat perlu karbohidrat agar tetap sehat dan membangkitkan energi. Makanya, konsumsi sumber karbohidrat baik seperseperti roti coklat, beras merah, dll, bisa dikonsumsi.

Baca Juga: Mengobati Batuk hingga Cegah Kanker, Manfaat Cokelat untuk Kesehatan yang Belum Diketahui

Baca Juga: Tak hanya Jaga Berat Badan, Minum Air Putih 8 Gelas Juga Cegah Infeksi Kemih

Baca Juga: Lagi! Kasus Tebak Warna Ini Viral di Internet!

Diet seleb bisa bikin Anda langsing

Tubuh setiap orang punya riwayat kesehatan dan tingkat metabolisme berbeda. Meski seberat atau semudah apapun cara dietnya para seleb, belum tentu cocok dilakukan oleh diri sendiri. Sebabnya, kondisi kekebalan tubuh seseorang berbeda-beda.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini