Image

SEXUAL HEALTH: Jangan Langsung Tidur, Lakukan 4 Hal Ini Usai Bercinta Ladies!

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 12 Oktober 2017, 22:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 10 12 481 1794307 sexual-health-jangan-langsung-tidur-lakukan-4-hal-ini-usai-bercinta-ladies-H3xVSuf81Y.jpg Ilustrasi (Foto: Onlinedoctor)

KETIKA melakukan hubungan intim, pasangan suami istri hendaknya jangan hanya memikirkan kenikmatan semata. Hal lain yang harus dipikirkan adalah kondisi kesehatan setelah berhubungan. Sebab bukan tidak mungkin jika hubungan intim bisa menularkan infeksi atau penyakit seksual.

(Baca Juga: Tak hanya Jaga Berat Badan, Minum Air Putih 8 Gelas Juga Cegah Infeksi Kemih)

Melansir dari Health, Kamis (12/10/2017), ada sejumlah hal yang harus dilakukan wanita usai melakukan hubungan intim. Berikut ulasannya;

Buang air kecil

Anda tentu tahu bahwa wanita dianjurkan untuk buang air kecil setelah berhubungan intim sekalipun tidak ingin melakukannya. Hal itu dimaksudkan guna menyingkirkan bakteri yang mungkin saja terbawa ke dalam vagina saat melakukan aktivitas seksual.

(Baca Juga: Mengobati Batuk hingga Cegah Kanker, Manfaat Cokelat untuk Kesehatan yang Belum Diketahui)

Jika wanita tidak buang air kecil usai berhubungan, bakteri itu bisa tinggal di dalam vagina atau usus besar yang kemudian menginfeksi. Infeksi yang bisa terjadi adalah rasa nyeri atau urin yang berdarah.

Mengeringkan badan

Usai berhubungan, tentu badan akan menjadi basah. Entah itu karena keringat, orgasme, atau pelumas. Hal itu membuat kondisi tubuh menjadi lembap dan berpeluang menyebabkan infeksi ragi.

(Baca Juga: Liburan Seru ala Jokowi, dari Mulai Melancong ke Raja Ampat hingga ke Kebun Binatang Ragunan)

Guna menghindari hal itu, usahakan untuk mengeringkan tubuh terlebih dahulu menggunakan handuk sebelum tidur. Bila Anda merasa cemas dengan adanya infeksi jamur usai berhubungan, Anda bisa membasuh vagina cukup dengan air. Tidak perlu dengan sabun khusus atau wewangian.

Lepaskan pakaian dalam

Usai berhubungan, tentu hal yang Anda inginkan selanjutnya tidur. Agar mendapatkan tidur yang nyaman, gunakanlah pakaian yang agak longgar. Akan tetapi jangan menggunakan pakaian dalam karena bisa menyebabkan infeksi yang berasal dari kelembapan vagina. Dengan tidak menggunakan pakaian dalam, Anda memberikan kesempatan vagina untuk bernapas sehingga mengurangi risiko terkena infeksi akibat jamur atau kondisi gatal lainnya.

(Baca Juga: Tak Mau Kalah dengan Hamish Daud, Raffi dan Denny Cagur Pun Beri Dukungan Achintya Nilsen di Miss World 2017)

Peka terhadap kondisi

Jika sehabis berhubungan terjadi ketidaknyamanan, gatal, nyeri, atau pendarahan cobalah berkonsultasi dengan ginekolog keesokan harinya agar bisa mendapat pertolongan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini