nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jaga Kesehatan Keluarga, Titi Kamal dan Christian Sugiono Tanamkan Kebiasaan Cuci Tangan kepada Anak

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 12 Oktober 2017 20:03 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 10 12 481 1794338 jaga-kesehatan-keluarga-titi-kamal-dan-christian-sugiono-tanamkan-kebiasaan-cuci-tangan-kepada-anak-I7u4pBuy3P.jpg Titi Kamal dan Christian Sugiono (Foto: @titi_kamal/Instagram)

IBU mana yang tidak sedih jika anaknya sakit. Maka dari itu, ibu selalu berupa menjaga kesehatan keluarga terutama anak. Guna mendukung hal itu, perlu diterapkan pola hidup sehat seperti mengonsumsi makanan yang bergizi, rajin berolahraga, dan mencuci tangan dengan sabun.

Mencuci tangan dengan sabun terbukti efektif mencegah berbagai penyakit. Berdasarkan data WHO, kebiasaan kecil itu bisa mengurangi risiko penyakit diare hingga 45%. Penyakit lain yang bisa dihindari dengan mencuci tangan adalah infeksi saluran pernapasan, infeksi mata, pneumonia, hepatitis, dan demam tifoid.

(Baca Juga: Tak hanya Jaga Berat Badan, Minum Air Putih 8 Gelas Juga Cegah Infeksi Kemih)

Menyadari pentingnya mencuci tangan dengan sabun membuat artis cantik Titi Kamal selalu menerapkan kebiasaan ini pada anaknya, Juna. "Saya tipe orangtua yang tidak membatasi kegiatan anak. Saya memberi kebebasan pada Juna untuk melakukan kegiatan apapun yang disukainya. Hanya, saya memang berusaha untuk menghindari anak dari penyakit. Saya selalu menanamkan kepada dia agar selalu mencuci tangan sebelum makan, setelah dari kamar mandi, serta setelah aktif berkegiatan dan berolahraga," ujar Titi saat dijumpai dalam sebuah acara Kamis, 12 Oktober 2017 di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

(Baca Juga: Liburan Seru ala Jokowi, dari Mulai Melancong ke Raja Ampat hingga ke Kebun Binatang Ragunan)

Baginya, ibu memiliki peranan penting untuk kesehatan anak. Apalagi ibu adalah orang yang selalu mengajarkan anaknya sejak kecil. Walaupun di sekolah sudah ada pembelajaran hidup sehat, Titi menganggap ia masih perlu mengingatkan anaknya untuk memiliki kebiasaan hidup sehat.

(Baca Juga: Mengobati Batuk hingga Cegah Kanker, Manfaat Cokelat untuk Kesehatan yang Belum Diketahui)

Langkah artis yang tengah menunggu kelahiran anak keduanya itu didukung pula oleh sang suami, Christian Sugiono. Sebagai seorang ayah, Tian-panggilan akrab Christian, berusaha memberikan contoh kepada anaknya agar meniru tindakannya.

"Saya mendukung Titi untuk menerapkan kebiasaan mencuci tangan. Apalagi sebagai ayah, saya selalu mencontohkan kepada Juna. Jadi dengan begitu Titi bisa bilang, 'cuci tangan dong seperti papa'. Jadi nantinya Juna bisa mengikuti," tutur Tian dalam acara yang sama.

(Baca Juga: Tak Mau Kalah dengan Hamish Daud, Raffi dan Denny Cagur Pun Beri Dukungan Achintya Nilsen di Miss World 2017)

Tak sampai di situ, Tian pun berusaha menjelaskan kepada anaknya mengenai manfaat hidup sehat. "Untuk anak umur tiga tahun mungkin belum mengerti yaa jika dijelasin secara detail. Jadi saya suka pakai cara yang bisa dimengerti. Kebetulan Juna suka main dinosaurus. Saya bilang karena hidup tidak bersih akhirnya dinosaurusnya sakit," tambah Tian.

Titi dan Tian sama-sama berharap agar keluarga di Indonesia bisa membiasakan diri untuk hidup sehat sebagai langkah pencegahan penyakit. Bagi mereka, setiap anak dan orangtua harus selalu diingatkan agar memiliki kebiasaan hidup yang baik.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini