Memilih AC untuk Kamar dengan Tepat, si Kecil pun Nyaman dan Sehat

Advertorial, Jurnalis · Kamis 12 Oktober 2017 17:43 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 12 557 1794219 memilih-ac-untuk-kamar-dengan-tepat-si-kecil-pun-nyaman-dan-sehat-WQsJSWa3EX.jpg Ilustrasi kamar anak yang nyaman (Foto: Pinterest)

MEMBERIKAN yang terbaik bagi buah hati adalah keinginan setiap orangtua. Tak terkecuali Anda. Salah satu yang juga menjadi perhatian semua orangtua adalah kenyamanan dan kesehatan anak. Bayangkan saja betapa rewelnya si kecil jika dia merasa tak nyaman karena kepanasan. Belum lagi risiko kesehatan yang mengintai jika bayi atau anak seringkali merasa kepanasan dan bajunya basah. Biang keringat, masuk angin, dehidrasi, hingga keluhan lainnya bisa timbul.

Nah, salah satu menyiasati cuaca yang panas adalah dengan membuat ruangan atau kamar anak menjadi sejuk. Memasang AC (air conditioner) di kamar si Kecil bisa menjadi solusi efektif. Untuk itu, orangtua perlu membekali diri tentang ‘jurus’ memilih AC yang tepat bagi kamar anak. Apalagi tubuh bayi atau anak-anak belum bisa dengan cepat menyesuaikan dengan perubahan suhu. Jangan sampai malah anak sakit lantaran diterpa udara yang sangat panas di luar ruangan lalu harus cepat beradaptasi dengan suhu kamar yang sangat dingin.

Tak hanya bicara tentang pengaturan suhu yang tepat, tapi juga bagaimana menyiasati supaya AC yang dipilih bisa hemat listrik. Hal yang sangat penting, mengingat AC mungkin akan dinyalakan dalam durasi yang lama demi kenyamanan buah hati.

Dalam memilih AC untuk kamar si Kecil, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui. Langkah berikut ini akan memandu Anda untuk memilih AC terbaik yang aman dan nyaman bagi anak.

Pilih PK yang Tepat

Penggunaan PK yang kecil kerap diduga akan lebih hemat listrik, tapi malah kadang imbasnya mengakibatkan ruangan lambat terasa dingin atau malah tetap terasa kurang dingin padahal sudah digunakan dalam durasi cukup lama. Sebaliknya, penggunaan PK yang terlalu besar untuk ruangan juga bisa mengakibatkan suhu menjadi terlalu dingin dan tidak nyaman, serta tentunya boros listrik.

Atur Temperatur

Pengaturan temperatur menjadi hal super penting untuk kamar bayi dan anak. Ini terutama karena berbagai fungsi tubuh anak belum berkembang sempurna, sehingga tubuh harus lebih bekerja keras untuk menyesuaikan dengan perubahan suhu lingkungan. Kulit bayi dan anak juga lebih peka terhadap suhu dingin maupun panas. Pastikan hembusan AC di kamar bayi dan anak ada pada kisaran 24-26 derajat Celcius agar tetap sejuk tapi tidak terlalu dingin.

Fitur Ramah Kesehatan

AC yang dilengkapi dengan fitur bisa mendukung kesehatan sangat layak dipertimbangkan. Beberapa produk AC yang beredar di pasaran sudah menawarkan berbagai fitur ini. Fungsi yang dihadirkan mulai dari proteksi terhadap bahan berbahaya, bakteri, virus, debu hingga menetralisir bau.

Salah satu AC yang dapat Anda pertimbangkan yaitu AC LG Dual Cool Series. AC inverter terbaik LG saat ini menawarkan fitur pendukung kesehatan yang terbilang lengkap. Salah satunya kelengkapan ionizer yang selain untuk sterilisasi tinggi pada bakteri dan bau, juga menjaga kelembaban kulit.

Tak hanya  itu, AC inverter terbaru LG ini juga memiliki filter debu dan bakteri. Fungsi auto cleaning di dalamnya membuat AC inverter LG ini dapat melakukan pembersihan otomatis pada bagian-bagian di dalamnya untuk mencegah kemungkinan menempelnya bakteri maupun tumbuhnya jamur.

Perhatikan Arah Hembusan AC

Pastikan selalu untuk menghindari paparan langsung hembusan udara dari AC pada tubuh anak. Selain untuk alasan yang sama dengan pengaturan suhu tadi, hal ini juga perlu menjadi perhatian terkait dengan kemungkinan sensitifitas kulit bayi dan anak yang sangat tinggi.

Saat ini, banyak AC yang ditawarkan tak mempunyai fungsi otomatis melakukan pengaturan kemiringan vane yang menjadi celah keluarnya udara. Alhasil, butuh upaya berkali-kali menekan tombol pengaturan kemiringan vane hingga sampai pada kemiringan yang diinginkan.

Anda dapat memilih AC LG Dual Cool Series yang memiliki fitur pendukung untuk menyingkirkan keribetan ini. Salah satunya fitur Comfort Air pada AC inverter terbaik LG ini.

Anda hanya perlu menekan tombol pada remote control untuk mengatur kemiringan vane. Cukup tekan satu kali tombol Comfort Air akan membuat kemiringan vane mengarahkan hembusan AC inverter ini ke arah langit-langit kamar. Sementara dua kali menekan tombolnya akan membuat kemiringan vane berubah arah kebagian bawah dekat AC inverter ini terpasang.

Tingkat Kebisingan Rendah

Hal yang tak kalah penting dalam memilih AC terbaik untuk bayi dan anak juga ada pada tingkat kebisingannya. Semakin senyap AC dalam pengoperasiannya, semakin mendukung untuk kualitas tidur yang baik.

Meskipun beberapa pabrikan AC telah memasang informasi ini pada label produknya, tak mudah memang membayangkan tingkat kebisingan yang biasanya disajikan dalam ukuran desibel (dB). Sedikit panduan bagi Anda, ukuran 36dB merupakan tingkat kebisingan yang biasa ditemui pada sebuah perpustakaan. Sementara pada kebanyakan AC konvensional, kisarannya 32dB.

Namun bila mencari AC yang tidak berisik benar-benar menjadi perhatian Anda untuk kenyamanan tidur bayi dan anak, AC LG Dual Cool Series dapat menjadi pilihan. Teknologi AC inverter terbaru LG ini memiliki tingkat kebisingan 18dB.

Dengan tingkat kebisingan hanya separuh dari rata-rata ruang perpustakaan, AC inverter LG ini benar-benar meminimalisir gangguan bunyi saat pengoperasian. Manfaat yang dapat dengan mudah Anda rasakan terutama di malam hari, saat berbagai bunyi paling mudah terdengar.

Nah, dengan berbekal panduan cerdik di atas, memilih AC yang tepat untuk kamar si Kecil tak lagi sulit, kan?

(hth)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini