Image

Moms, si Kecil Jangan Dikasih Gadget! Yuk Ajak Beraktivitas di Luar Ruangan untuk Cegah Obesitas

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 13 Oktober 2017, 12:48 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 10 13 196 1794634 moms-si-kecil-jangan-dikasih-gadget-yuk-ajak-beraktivitas-di-luar-ruangan-untuk-cegah-obesitas-2Cj6TWGaGB.jpg Ilustrasi (Foto: Josieslittlesteps)

PENGGUNAAN gadget atau gawai saat ini sedikit membatasi anak-anak untuk beraktivitas di luar ruangan. Banyak yang lebih memilih untuk memainkan gawai ketimbang berbaur bersama teman sebaya. Dampaknya adalah angka obesitas pada anak meningkat.

Apabila hal ini terus berlanjut, maka bukan tidak mungkin jika nantinya pada saat dewasa, anak-anak tersebut terkena penyakit degeneratif. Untuk menghindari hal ini, maka pola hidup sehat harus diterapkan sejak kecil. Selain mengonsumsi makanan bergizi yang mendukung pertumbuhan dan perkembangannya, anak-anak harus juga sebaiknya memiliki aktivitas fisik di luar ruangan.

Para orangtua hendaknya memberikan kebebasan pada anak mereka untuk berkegiatan di luar ruangan dan jangan membatasi kesenangan mereka. Tapi memang orangtua harus tetap memastikan anak mereka melakukan kegiatan yang tidak membahayakan. Salah satunya adalah berkegiatan di tempat bermain yang aman.

Saat ini sudah banyak tempat bermain yang bisa di akses oleh anak-anak salah satunya adalah Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA). Di Jakarta hingga saat ini kurang lebih sudah ada 290 RPTRA yang disediakan oleh pemerintah. Dengan adanya tempat ini, diharapkan masyarakat bisa beraktivitas dan berkreasi di luar ruangan.

"Pembangunan RPTRA ini tujuannya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berinteraksi, berbagi, bertoleransi, serta belajar dan berlatih bersama. Harapannya dengan ada RPTRA masyarakat bisa mengembangkan seluruh potensi yang ada di tengah padatnya kota Jakarta," tutur Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat saat ditemui di sela-sela acara peresmian RPTRA KKO, Jumat (13/10/2017) di Komplek Marinir Cilandak, Jakarta Selatan.

Djarot berharap kiranya RPTRA dapat diisi dengan aktivitas yang mendukung perkembangan masyarakat khususnya anak-anak. Saat ini sudah banyak masyarakat yang memanfaatkan RPTRA sebagai tempat anaknya unuk belajar dan bertumbuh melalui berbagai aktivitas dan edukasi. Walaupun begitu, kembali lagi faktor keselamatan harus diutamakan.

Tidak menutup kemungkinan jika saat beraktivitas di RPTRA anak terjatuh sehingga memiliki risiko mengalami luka. Maka dari itu, pertolongan pertama pada anak-anak harus selalu tersedia di RPTRA. Hal inilah yang membuat PT Mundhiparma Indonesia menyerahkan bantuan kotak P3K, sabun cair, dan papan informasi pertolongan pertama pada luka ringan kepada 186 RPTRA di Jakarta. Bantuan diserahkan secara simbolis kepada Djarot dalam acara yang sama.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini