Image

Yuk Ikut Khataman Alquran Massal untuk Pecahkan Rekor MURI

Dina Prihatini, Jurnalis · Jum'at 13 Oktober 2017, 14:52 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 10 13 196 1794739 yuk-ikut-khataman-alquran-massal-untuk-pecahkan-rekor-muri-0C3cvxsuIO.jpg Ilustrasi (Foto: Antara)

PONTIANAK - Sebanyak 27.649 peserta siap memecahkan rekor Khataman Alquran massal terbanyak. Rekor ini akan dicatat oleh Museum Rekor Indonesia (MURI) saat digelarnya Khataman Alquran di Masjid Raya Mujahidin pada Sabtu 14 Oktober 2017.

Jumlah rekor yang akan dipecahkan Kota Pontianak ini lebih banyak dua kali lipat dibandingkan rekor sebelumnya yang dipegang Kabupaten Musiwaras pada tahun 2015 sebanyak 12.500 peserta.

Tak hanya mencatatkan rekor peserta terbanyak Khataman Alquran, Pontianak juga akan mencatat sejarah sebagai pemecah rekor pokok telok terbanyak yakni 2.500 pokok telok mengalahkan rekor yang pernah dicatat Kabupaten Wonogiri sebanyak 2.025 pokok telok pada 2015 silam.

Pokok telok merupakan salah satu budaya adat Melayu yang digunakan saat pernikahan yang dibuat dengan hiasan-hiasan menarik dan dibawa pada saat pesta pernikahan berlangsung.

(Baca Juga: Luncurkan Rasa Terbaru yang Misterius, Perusahaan Biskuit Terkenal Ini Tawarkan Hadiah Lebih dari 500 Juta!)

Wali Kota Pontianak, Sutarmidji mengatakan, kegiatan ini merupakan implementasi dari program Pemkot Pontianak, di mana siswa beragama Islam yang lulus SMP harus sudah khatam Alquran. Bagi mereka yang belum khatam dan belum mengantongi sertifikat khatam ketika mendaftarkan diri melanjutkan pendidikan ke jenjang setingkat SMA, maka siswa bersangkutan akan diberikan pendidikan tambahan baca Alquran hingga khatam.

(Baca Juga: Mayat Bayi Ditemukan di Tumpukan Cucian Kotor, Pihak Rumah Sakit Dituntut Rp675 Juta)

"Selama masa pendidikannya di SMA, dia harus khatam Alquran sehingga ketika mereka menyelesaikan pendidikan SMA, siswa-siswa itu sudah khatam Alquran bagi yang beragama Islam," jelasnya, Jumat (13/10/2017).

Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kota Pontianak, Mulyadi menyebut, jumlah peserta yang sudah terdata untuk ambil bagian dalam Khataman Alquran massal ini adalah 27.649 yang terdiri dari siswa SD/MI, SMP/MTs,SMA/SMK/MA se-Kota Pontianak. "Khataman Alquran ini mulai pukul 07.00 WIB di Masjid Raya Mujahidin," tuturnya.

(Baca Juga: VIRAL! Dosen Cantik Asal Korea Selatan Ini Bikin Muridnya Tak Konsentrasi Belajar di Kelas)

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini