Image

Ingat, Rumah Bukan Gudang Segera Identifikasi Barang yang Anda Butuhkan!

Vessy Frizona, Jurnalis · Jum'at 13 Oktober 2017, 18:17 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 10 13 196 1794960 ingat-rumah-bukan-gudang-segera-identifikasi-barang-yang-anda-butuhkan-4sOivIQ1bZ.jpg Rumah bukan gudang (Foto:Ilustrasi/Laundrymoms)

PERMASALAHAN yang kerap dihadapi setiap orang di rumah adalah kesulitan meng-organized, mengelompokan, merapikan atau menata barang-barang yang ada di rumah. Terlalu banyak barang yang memenuhi rumah tetapi tidak tahu kegunaannya apa.

Ardan Hanafi Deputy Communication & Interior Design Manager IKEA Indonesia mengatakan, sudah menjadi kebiasaan orang suka membawa barang ke rumah. Entah itu barang yang dibeli, pemberian, atau kado yang menumpuk. Tanpa tahu fungsi, kegunaan, dan keserasian dengan ruangan rumah barang itu tetap dibawa. Maka jadilah penumpukan barang.

Untuk mengorganized barang-barang tersebut agar tidak terjadi penumpukan hingga rumah terlihat seperti gundang, ia pun membagikan tips sebagai berikut.

BACA JUGA:

VIRAL! Ini Video Pasangan LDR yang Baru Pertama Kali Bertemu

Identifikasi

Identifikasi barang baru dan barang lama. Cek barang lama, apakah masih terpakai atau tidak, masih layak digunakan atau tidak. Kalau gak terpakai, pertimbangkan jangka waktunya. Jika akan dipergunakan sebaiknya disimpan atau disembunyikan. Kalau sudah tak terpakai sebaiknya dibuang atau disumbangkan.

Menata

Kita sering manaruh barang tidak sesuai tempat. Ruangan di rumah fungsinya bisa melebur. Di ruang keluarga ada kasur, meja belajar, atau mangkuk. Yang seharusnya itu tidak ada. Untuk itu, letakkan benda-benda itu pada tempatnya. Letakkan benda yang paling sering digunakan di tempat yang mudah dijangkau. Sedangkan yang jarang digunakan di tempat yang agak sedikit ke dalam, pojok atau tempat tinggi.

BACA JUGA:

VIRAL! Dosen Cantik Asal Korea Selatan Ini Bikin Muridnya Tak Konsentrasi Belajar di Kelas

Pilih furnitur multi fungsi

Ada banyak furnitur saat ini didesain dengan berbagai fungsi. Seperti sofa yang dibawahnya ada tempat penyimpanan, tempat tidur yang ada tempat penyimpanan di kolongnya. Trik lainnya bisa juga memanfaatkan dinding sebagai tempat penyimpanan. Lalu ditutup tirai atau gorden.

"Trik menutupi barang berantakan dengan tirai dapat menjadi solusi praktis dan cepat ketika barang yang berantakkan tak terkemasi. Gunakan tirai putih agar ruang terlihat bersih. Secara psikologis pun pikira jadi sedikit tenang," kata Ardan.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini