nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

COOKING GADGET: Punya Slow Cooker di Rumah? Perhatikan Cara Benar Membersihkannya

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Senin 16 Oktober 2017 06:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 10 13 298 1794626 cooking-gadget-punya-slow-cooker-di-rumah-perhatikan-cara-benar-membersihkannya-TdasMk7Rpa.jpg Cara membersihkan slow cooker (Foto:Yourultimate)

 

SLOW cooker saat ini sudah dianggap sebagai salah satu alat masak yang penting dan seolah harus ada di dapur. Jika memiliki slow cooker di rumah, jangan hanya memperhatikan cara menggunakannya tapi perhatikan juga cara membersihkannya.

Banyak orang sepakat jika memasak menggunakan slow cooker maka masakan sesulit apapun bisa diolah dengan mudah. Tapi apakah Anda sudah mencucinya dengan benar usai menggunakan slow cooker? Dilansir dari dari ThisisInsider, berikut 3 langkah tepat dan benar bagaimana cara membersihkannya dan mencuci slow cooker.

BACA JUGA: Menjijikan! Seorang Ibu Gunakan Mangkuk Saji untuk Anaknya Pipis!

Cara 1

Cara pertama ini bisa diaplikasikan pada slow cooker baru yang belum pernah digunakan sama sekali. Sekilas slow cooker ini memang tampak bersih tapi percayalah ada banyak partikel debu yang menempel pada slow cooker. Cara membersihkannya adalah dengan mengisi wadah slow cooker dengan air lalu beri sedikit sabun cuci piring. Panaskan selama 60 menit lalu bilas hingga bersih. Cara ini sangat simpel tetapi ampuh membersihkannya dengan maksimal.

Cara 2

Cara selanjutnya bisa digunakan untuk membersihkan slow cooker dari noda yang membandel dan membekas pada slow cooker. Anda bisa manfaatkan kekuatan baking soda. Caranya isi wadah slow cooker dengan air, sabun dan baking soda, panaskan selama 60 menit kemudian gosok perlahan menggunakan sponge busa hingga semua kotoran lenyap.

BACA JUGA: Unik! Minuman Ini Punya Rasa Ubi Panggang, Apa Rasanya Ya?

Cara 3

Cara terakhir ini bisa diandalkan untuk membersihkan slow cooker dari noda yang sangat kotor. Misalnya usai memasak Anda lupa membersihkannya dan noda kotoran menjadi kerak sehingga susah dibersihkan. Ramuan ampuh untuk mencucinya adalah dengan mencampur air, baking soda dan cuka. Kemudian panaskan slow cooker selama 1 jam. Setelah noda menjadi lunak, gosok perlahan wadah slow cooker menggunakan sikat lembut atau sponge busa. Bilas hingga bersih jika dirasa semua kotoran sudah lenyap.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini