Image

Ini Hal Mengejutkan Dibalik Donor ASI yang Marak Terjadi

Annisa Aprilia, Jurnalis · Jum'at 13 Oktober 2017, 14:47 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 10 13 298 1794733 ini-hal-mengejutkan-dibalik-donor-asi-yang-marak-terjadi-x0JozV5xRV.jpg Donor ASI (Foto: Smartmama)

BELAKANGAN ini marak terdengar donor ASI. Tidak sedikit dari warga net yang cukup mudah untuk mendapatkan informasi mengenai donor ASI.

Maraknya donor ASI ternyata menimbulkan banyak tanggapan mulai dari yang positif hingga yang terkesan memanfaatkan kebaikan pendonor. Pasalnya, donor ASI yang seharusnya hanya diperuntukkan bayi-bayi yang membutuhkan, justru dimanfaatkan oleh ibu yang malas untuk menyusui anaknya.


Ibu masa kini yang sibuk bekerja dan melakukan bisnis cenderung malas menyusui anaknya, sehingga dipilihlah alternatif donor ASI bagi bayinya. Padahal, tanpa ia sadari donor ASI tidaklah sesederhana yang marak ditemui dalam media sosial.

"Maraknya donor ASI yang ramai seperti sekarang ini sebetulnya memprihatinkan, karena donor ASI seharusnya hanya diterima oleh bayi-bayi yang sangat membutuhkan saja," ucap Dr. Elizabeth Yohmi, SpA, IBLC, ketua Satgas ASI, ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), dalam presentasinya di acara Diskusi Aturan Main Donor ASI, di Almond Tree by Cheese Cake Factory, Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (13/10/2017).

Adapun bayi-bayi yang seharusnya mendapatkan donor ASI menurut Dr. Yohmi, begitu ia disapa, bukanlah bayi yang normal dilahirkan dan dalam keadaan sehat badan. Namun, bayi yang harus mendapatkan donor ASI ialah bayi-bayi yang lahir secara prematur dan ibunya tidak memungkinkan untuk menyusui, bayi yang ditinggalkan oleh ibunya yang meninggal dunia, bayi yang tidak cocok dengan susu buatan atau formula, dan alasan lainnya yang membuat donor ASI sangat dibutuhkan.

"Zaman sekarang justru ibu-ibu yang malas menyusui bayinya yang banyak mencari donor ASI. Mereka malas menyusui, tapi di sisi lain ingin bayinya tetap mendapat ASI," ucap Dr. Yohmi.

Pemberian ASI pada bayi saat enam bulan pertama setelah kelahiran memanglah sangat penting dan perlu. Pasalnya, ada banyak zat yang dibutuhkan bayi dan tidak dapat digantikan oleh cairan apapun selain Air Susu Ibu (ASI). 

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini