Image

Unik! Pemeriksaan Imigrasi di Dubai Akan Menggunakan Ikan

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 13 Oktober 2017, 23:21 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 10 13 406 1795189 unik-pemeriksaan-imigrasi-di-dubai-akan-menggunakan-ikan-HL1ySbBT1r.jpg Ilustrasi (Foto: Express)

JIKA Anda sering bepergian ke luar negeri tentu tahu bahwa saat tiba di bandara transit atau tujuan harus melewati bagian imigrasi untuk pemeriksaan. Kadang waktu yang dibutuhkan cukup lama sehingga Anda harus menunggu. Menyadari hal itu, pihak Dubai International Airport rencananya akan mengubah cara pemeriksaan menjadi lebih canggih.

Rencana yang tengah disusun itu memungkinkan penumpang untuk tetap diperiksa tanpa harus datang ke meja counter. Penumpang cukup jalan di sebuah lorong akuarium yang berisi ikan. Uniknya, tidak semua ikan yang berada di akuarium adalah sungguhan. Ada beberapa ikan yang merupakan ikan virtual.

Ikan virtual itu berfungsi sebagai pemindai wajah penumpang selagi berjalan di lorong akuarium. Nantinya data biometrik penumpang akan dikumpulkan dari 80 kamera tersembunyi saat penumpang fokus memperhatikan ikan. Ikan virtual akan berenang dan melesat cepat untu mengambil gambar setiap penumpang.

Mayor Jenderal Obaid Al Hameeri, wakil direktur jenderal residensi dan urusan luar negeri Dubai mengatakan, "Ikan adalah semacam hiburan dan sesuatu yang baru bagi wisatawan yang bisa menarik penglihatan mereka ke berbagai sudut lorong untuk ditangkap oleh kamera. Rencana ini sudah kami bicarakan sejak empat tahun lalu. Kami ingin mengubah prosedur dari meja tradisional menjadi sesuatu yang tidak membutuhkan counter."

Jika tak ada halangan, lorong akuarium ini akan dibuka pada musim panas mendatang dan menggantikan staf keamanan yang saat ini bertugas memeriksa penumpang. Teknologi pemindaian ikan pertamanya akan dipasang di Terminal 3. Berdasarkan rencana, terminal lain akan dipasang akuarium pada tahun 2020. Bila Anda ingin merasakan hal tersebut harus mendaftar terlebih dahulu di kios pemindaian wajah.

Teknologi pengenalan wajah menggantikan pemeriksaan dokumen pada keamanan perbatasan. Teknologi pemindaian yang melibatkan sistem kedatangan tanpa kontak ini membuat pemeriksaan passport tidak perlu dilakukan sehingga mempersingkat waktu. Apalagi Dubai International Airport termasuk dalam kategori bandara tersibuk di dunia untuk penumpang internasional. Di tahun 2016 tercatat sebanyak 83,6 juta penumpang singgah di sana.

Demikian seperti yang dilansir dari Express, Jumat (13/10/2017).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini