Image

Kasihan! Bayi Lahir Selamat dengan Organ Usus di Luar Tubuhnya

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 13 Oktober 2017, 08:09 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 10 13 481 1794522 kasihan-bayi-lahir-selamat-dengan-organ-usus-di-luar-tubuhnya-nw969qrPF4.jpg Bayi Cacat Lahir (Foto: Zeenews)

Malangnya nasib bayi Ava-Rose yang harus dilahirkan dengan kondisi organ tubuh tidak sempurna. Bayi mungil ini terlahir dengan kondisi organ usus ada di bagian luar tubuhnya.

Namun, setelah satu jam lahir, Ava-Rose Nightingale menjalani prosedur bedah selama 3 jam untuk menyelamatkan nyawanya. Kabar ini sempat viral karena ibunya, Chloe Walters memposting foto putrinya di Facebook beberapa menit setelah dia lahir.

Rupanya bayi malang itu menderita cacat lahir yang disebut gastroschisis yakni, cacat lahir pada dinding perut. Ava-Rose harus lahir dengan ususnya yang keluar dari tubuh mungilnya.

Dokter membungkusnya dengan benda khusus untuk melindunginya dari infeksi, serta membuatnya tetap hangat. Tuhan juga tetap memberikan dia nyawa setelah lahir dan harus menjalani pembedahan agar bertahan hidup.

Chloe menjelaskan pada postingan foto di Facebook-nya. Pada saat hamil ke-16 minggu, dokter memberitahu bahwa bayinya menderita gastroskisis. Setelah melakukan pertemuan rutin dan pemeriksaan kesehatan, dia diberi tahu bahwa ada kemungkinan dia akan melahirkan kapan saja, mulai usia ke-32 minggu kehamilan.

Ava-Rose bayi yang dilahirkan dengan proses normal. Untuk menyelamatkan nyawanya, dia menjalani prosedur bedah selama 3 jam setelah lahir.

Dia diberi oksigen dan rambutnya dicukur, tetapi bisa diberi makanan berupa ASI dengan intravena melalui kepala. Lalu, Ava-Rose bisa pulang ke rumah setelah menghabiskan waktu perawatan selama 7 minggu di rumah sakit.

Yang perlu Anda pahami, gastroskisis terjadi saat bentuk pembukaan di dinding perut bayi. Usus bayi masuk melalui lubang, kemudian berkembang di luar tubuh bayi dalam cairan amnion.

Pembukaan paling sering terjadi di sisi kanan pusar bayi. Bisa berukuran besar atau kecil, tapi biasanya berukuran 1 sampai 2 inci.

Pada kasus yang lebih parah, perut dan organ hati terkadang bisa masuk melalui lubang juga. Karena usus di luar tubuh bayi jadi tidak terlindungi dengan baik.

Kemungkinan bisa bengkak dan rusak. Namun, kondisi ini relatif jarang terjadi dalam beberapa tahun terakhir, dilansir Zeenews, Jumat (13/10/2017).

Sementara penyebab sebenarnya dari kondisi ini tidak diketahui, tampaknya juga bukan merupakan genetik. Selain itu, harapan hidup seorang bayi dengan gastroskisis sangatlah kecil bila tak ada keajaiban dari Tuhan.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini