Image

Demi Jaga Diri, Anya Dwinov Ingin Belajar Seni Bela Diri Krav Maga

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Jum'at 13 Oktober 2017, 11:26 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 10 13 481 1794590 demi-jaga-diri-anya-dwinov-ingin-belajar-seni-bela-diri-krav-maga-3YPQk9TwJO.jpg Anya Dwinov ingin belajar seni bela diri krav maga (Foto: Utami/Okezone)

HIDUP di kota besar membuat risiko mengalami tindak kejahatan lebih besar. Diserang di tempat umum atau dijambret bukan suatu hal yang tidak mungkin.

(Baca Juga: 5 Kebohongan Wanita yang Dapat Terbaca saat Kencan Pertama Kali)

Karena itu, pertahanan diri sangat diperlukan baik oleh wanita maupun pria. Setidaknya hal inilah yang dipikirkan oleh presenter kondang Anya Dwinov. Wanita yang juga menjadi penyiar di V Radio, salah satu unit media milik MNC Group mengatakan pekerjaan mengharuskan dia keluar rumah di pagi buta.

(Baca Juga: Waspada! Jari Anak yang Terjepit Pintu Berisiko Amputasi)

Bukan tak mungkin hal-hal buruk mengancam di jalanan yang sepi. Karenanya, dia berniat mempelajari bela diri dan mulai mencari tahu tentang gerakan-gerakan yang diajarkan. Anya sendiri mengaku tertarik pada seni bela diri dari Israel, yakni krav maga.

"Aku baru mau niat coba bela diri krav maga, seni beladiri dari Israel. Karena aku suka nyetir, terkadang lupa waktu. Jadi perlu self defence, cuma enggak pakai kuda-kuda," tutur Anya saat ditemui di Jakarta, Kamis (12/10/2017).

(Baca Juga: Luncurkan Rasa Terbaru yang Misterius, Perusahaan Biskuit Terkenal Ini Tawarkan Hadiah Lebih dari 500 Juta!)

Krav maga sendiri merupakan seni bela diri militer dengan tangan kosong. Berasal dari Israel, seni bela diri ini telah dikembangkan dan digunakan oleh tentara Israel dan badan penegak hukum dunia seperti FBI, SWAT, dan Mossad.

Namanya berasal dari bahasa Ibrani yang artinya "pertarungan jarak dekat". Hal ini menegaskan bahwa krav maga adalah pertarungan yang melibatkan kontak fisik, sehingga digunakan untuk membela diri dari serangan orang dari jarak dekat.

(Baca Juga: OMG!! Mayat Bayi Ditemukan di Tumpukan Cucian Kotor, Pihak Rumah Sakit Dituntut Rp675 Juta)

Dalam teknik krav maga, seseorang selalu ditekankam untuk tidak terluka, membela diri secepat mungkin, menyerang lawan secepat mungkin, dan mengeksploitasi bagian tubuh yang rawan diserang seperti mata, hidung, dan tenggorokan. Anda juga bisa menggunakan beberapa benda di sekitar untuk membantu membela diri dari serangan penjahat.

Bagi Anya, krav maga adalah jenis bela diri yang tepat untuknya. Karena bela diri ini tidak mengharuskan seseorang untuk memasang kuda-kuda sebelum beraksi. Sehingga bisa menahan serangan lawan secara spontan.

"Enggak perlu kuda-kuda, jadi instan. Aku lagi nyaring (bela diri), dan aku lihat krav maga is the answer," tandas Anya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini