Image

Makan Terlalu Cepat Bisa Terkena Usus Buntu, Ini Alasannya!

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 13 Oktober 2017, 13:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 10 13 481 1794644 makan-terlalu-cepat-bisa-terkena-usus-buntu-ini-alasannya-3xakx0cT3v.jpg Ilustrasi (Foto: Menshealth)

PERNYATAAN seorang ibu tentang seblak yang menyebabkan usus buntu masih terus menghantui masyarakat. Ada masyarakat yang tidak memercayai hal tersebut, tapi ada pula masyarakat yang masih bertanya-tanya apakah hal itu benar. Lalu apakah ada makanan yang menyebabkan usus buntu?

Menurut dokter spesialis penyakit dalam, Dr. dr Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP, tidak ada makanan spesifik yang menyebabkan usus buntu. Usus buntu adalah sebuah kantong yang menempel di usus besar dan setiap manusia memilikinya. Hanya saja jika terjadi peradangan atau infeksi maka usus buntu harus segera dipotong agar tidak pecah. Sebab jika pecah, bakteri yang ada di dalamnya bisa menyebar ke organ lain. Tentunya hal itu bisa membahayakan.

Peradangan pada usus buntu bisa disebabkan oleh makanan yang tidak higienis. Makanan yang dibuat sembarangan, entah bahan-bahannya maupun lingkungan tempat memasak, pastinya akan terkontaminasi bakteri. Jika bakteri tersebut masuk ke dalam tubuh, maka akan menginfeksi organ salah satunya adalah usus buntu.

"Pada prinsipnya tidak ada makanan tertentu yang bisa menyebabkan usus buntu. Termasuk makanan pedas yang seringkali dianggap menjadi penyebabnya. Namun harus dilihat dari sisi higienitasnya. Jika makanan tersebut terkontaminasi bakteri, menggunakan pengawet beracun seperti formalin, dan mengandung zat berwarna berbahaya makan bisa menyebabkan infeksi dan peradangan," tutur dr Ari saat dihubungi Okezone beberapa waktu lalu melalui sambungan telepon.

Biasanya proses infeksi usus buntu berlangsung lama. Namun apabila daya tahan tubuh sedang menurun, maka ada kemungkinan bakteri menginfeksi lebih cepat. Dr Ari menambahkan, salah satu kebiasaan lain yang menyebabkan usus buntu adalah makan terlalu cepat. Makanan yang asal ditelan tanpa dikunyah secara sempurna bisa berdampak negatif pada proses pencernaan. Sebab usus tidak bisa mencerna makanan dengan baik.

Jika Anda ingin terhindar dari usus buntu, konsumsilah makanan yang bernutrisi, sesuai dengan pola diet seimbang. Perhatikan pula daya tahan tubuh agar mampu melawan bakteri sehingga mengurangi risiko terjadinya infeksi.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini