Image

Tak Hanya Asah Otak, Main Teka-Teki Silang Bisa Cegah Alzheimer

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 13 Oktober 2017, 14:26 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 10 13 481 1794710 tak-hanya-asah-otak-main-teka-teki-silang-bisa-cegah-alzheimer-oZHFHzbtI1.jpg Ilustrasi (Foto: Metro)

TAK bisa dipungkiri dengan bertambahnya usia maka fungsi otak akan mengalami penurunan. Bila tidak diantisipasi, penurunan fungsi ini bisa menyebabkan kondisi yang lebih parah salah satunya adalah Alzheimer.

Alzheimer merupakan penyakit kelainan pada otak yang membuat penderitanya kehilangan ingatan, mengalami kesulitan untuk berbicara dan berbahasa, serta terjadinya perubahan kepribadian.

(Baca Juga: 5 Kebohongan Wanita yang Dapat Terbaca saat Kencan Pertama Kali)

Walaupun biasa terjadi pada mereka yang berusia lanjut (di atas 65 tahun) dan lebih rentan menyerang perempuan, bukan berarti mereka yang usianya lebih muda terbebas dari risiko penyakit ini. Hingga kini penyebab Alzheimer belum diketahui secara pasti. Tapi ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegahnya.

(Baca Juga: Waspada! Jari Anak yang Terjepit Pintu Berisiko Amputasi)

Melansir laman Courier Journal, Jumat (13/10/2017), ada tiga hal besar yang mampu mencegah Alzheimer yaitu menghindari rokokJang, berolahraga setiap hari, dan mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi. Ketiganya merupakan pola hidup sehat yang juga bisa mencegah penyakit lain.

(Baca Juga: Luncurkan Rasa Terbaru yang Misterius, Perusahaan Biskuit Terkenal Ini Tawarkan Hadiah Lebih dari 500 Juta!)

Anda disarankan untuk rajin mengonsumsi sayuran dan buah-buahan. Makanan bernutrisi yang mengandung protein dan asam lemak omega-3. Makanan yang kandungan asam lemak omega-3 tinggi adalah ikan terutama salmon, mackerel, tuna.

(Baca Juga: OMG!! Mayat Bayi Ditemukan di Tumpukan Cucian Kotor, Pihak Rumah Sakit Dituntut Rp675 Juta)

Sebuah penelitian mengungkapkan rutin berolahraga setiap hari merupakan langkah pencegahan utama untuk Alzheimer. Seperti yang diketahui, latihan fisik memiliki manfaat untuk tubuh dan otak karena mengkomunikasi kan saraf yang ada di satu sisi otak dengan sisi yang lain. Selain itu, koordinasi saraf dapat merangsang kelompok saraf lainnya.

Langkah pencegahan lain yang bisa Anda lakukan adalah tetap membuat pikiran tetap aktif. Carilah kegiatan yang bisa membuat pikiran sibuk sehingga mempertajam otak. Contoh kegiatan yang bisa dilakukan adalah membaca, mengisi teka-teki silang, menebak gambar, bermain catur, dan menulis kreatif.

Kegiatan tersebut membuat otak berpikir dan menyusun strategi. Unsur-unsur yang ada menimbulkan perasaan tertarik pada kehidupan, penasaran, dan terlibat dalam pembelajaran sehingga terus melatih otak.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini