Image

AWAS! Sering Menelepon Terlalu Lama Tingkatkan Risiko Tumor Otak

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 13 Oktober 2017, 14:41 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 10 13 481 1794723 awas-sering-menelepon-terlalu-lama-tingkatkan-risiko-tumor-otak-7pBLcoWlyG.jpg Ilustrasi (Foto: GMA Network)

JANGAN terlalu sering menelepon selama berjam-jam karena ada bahaya dari radiasi yang dipaparkan lewat handphone. Kebiasaan ini menjadi salah satu risiko penyebab tumor otak yang mematikan.

(Baca Juga: OMG!! Mayat Bayi Ditemukan di Tumpukan Cucian Kotor, Pihak Rumah Sakit Dituntut Rp675 Juta)

Sayangnya, kebiasaan tersebut banyak diabaikan oleh banyak orang. Bila Anda terpapar radiasi handphone terus-menerus dapat memicu risiko penyakit yang bisa membahayakan otak.

(Baca Juga: Luncurkan Rasa Terbaru yang Misterius, Perusahaan Biskuit Terkenal Ini Tawarkan Hadiah Lebih dari 500 Juta!)

Spesialis Bedah Saraf dr Agus C Anab SpBS dari Comprehensive Brain and Spain Center (CBSC) Indonesia menjelaskan, secara umum paparan radiasi handphone dapat mengubah sel otak yang normal bermutasi menjadi sel tidak normal. Sel selaput di otak menjadi tertekan karena kelainan gen.

"Tumor bisa menekan sel otak karena adanya gen rusak. Gen ini tidak berfungsi dan salah satunya disebabkan oleh paparan radiasi handphone," ujar pria yang akrab disapa dr Aca saat Diskusi Bedah Tumor dengan Metode Keyhole Melalui Alis Mata di Hotel Atlet Century, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (13/10/2017).

(Baca Juga: Waspada! Jari Anak yang Terjepit Pintu Berisiko Amputasi)

Risiko ini, menurut dr Aca, paling rentan diidap oleh seseorang yang terbiasa menelfon berjam-jam, dengan menempelkan handphone langsung di telinga tanpa menggunakan loudspeaker. Radiasi handphone dengan mudahnya mengganggu saraf normal telinga yang ujung-ujungnya sampai ke otak.

Banyak temuan yang didapatkan oleh para ahli yang mengungkapkan bahaya radiasi handphone menyebabkan tumor. Tapi pada dasarnya tumor bisa tumbuh di bagian tubuh mana saja yang sulit dicegah.

(Baca Juga: 5 Kebohongan Wanita yang Dapat Terbaca saat Kencan Pertama Kali)

Bahkan jika Anda membiarkan gejala awal dari tumor ini selnya bisa merusak seluruh bagian otak. Karena itu, Anda harus mencegah dan mengurangi kebiasaan buruk ini.

"Tak cuma di otak, tumor bisa ada di mana saja. Kalau untuk radiasi handphone, berdasarkan temuan paling banyak orang menderita tumor otak," tambahnya.

Terlebih, dr Aca memberikan tips aman menggunakan handphone yang bijak untuk mengurangi paparan radiasi. Bagaimana saja langkahnya?

- Saat menelepon, lebih baik gunakan loudspeaker untuk mendengar pembicaraan dengan penelefon.

- Gunakan haedset supaya mengurangi paparan radiasi yang berisiko memicu tumor otak.

- Paling tepat hindari telefon berjam-jam atau batasi waktunya agar tidak mengganggu saraf otak yang membahayakan.

Begitu juga saat tidur malam atau waktu kapanpun setelah bermain handphone. Jauhkan handphone dari area kepala agar tidak mengganggu gen sel normal yang merugikan diri Anda.

Letakkan handphone di tempat yang aman atau jangan letakkan di dekat kepala. Sebab, paparan radiasi terus-menerus dapat memicu terjadinya tumor otak yang mengganggu kualitas hidup seseorang.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini