Image

Jangan Menyerah ke Susu Formula, Ini 4 Langkah Sederhana untuk Memperbanyak ASI

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 13 Oktober 2017, 15:09 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 10 13 481 1794729 jangan-menyerah-ke-susu-formula-ini-4-langkah-sederhana-untuk-memperbanyak-asi-IfDHoVmyrQ.jpg Ilustrasi (Foto: Livescience)

NUTRISI terbaik yang harus diterima bayi sejak lahir hingga usianya enam bulan adalah ASI. Maka dari itu, ibu harus memastikan bayinya mendapatkan ASI yang cukup untuk mendukung tumbuh kembangnya. Namun tak jarang ketika menyusui ibu menemukan hambatan. Salah satunya adalah produksi ASI yang sedikit.

(Baca Juga: OMG!! Mayat Bayi Ditemukan di Tumpukan Cucian Kotor, Pihak Rumah Sakit Dituntut Rp675 Juta)

Terbatasnya produksi ASI tak jarang membuat ibu beralih ke susu formula. Padahal hal itu tidak disarankan. Ada cara alami yang bisa dilakukan seorang ibu untuk memperbanyak produksi ASI-nya.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut cara untuk menstimulan produksi ASI;

Sering menyusui

Bayi yang baru lahir biasanya akan menyusu 2-3 jam sekali. Semakin sering bayi menyusu dapat membantu merangsang produksi ASI. Selain itu, bila payudara sudah terasa penuh, ibu bisa memompa ASI sehingga terjadi produksi kembali.

(Baca Juga: Luncurkan Rasa Terbaru yang Misterius, Perusahaan Biskuit Terkenal Ini Tawarkan Hadiah Lebih dari 500 Juta!)

Diet seimbang

Sama halnya dengan waktu hamil, saat menyusui ibu harus mengonsumsi makanan yang bergizi. Selain untuk memberikan nutrisi pada bayi, makanan bergizi juga bisa membantu menstimulasi produksi ASI. Makanan seperti daun katuk dan kacang kedelai bisa membuat ASI berlimpah.

(Baca Juga: Waspada! Jari Anak yang Terjepit Pintu Berisiko Amputasi)

Makanan yang dianjurkan untuk ibu menyusui adalah makanan yang mengandung asam folat, kalsium, zat besi, dan vitamin D. Hal lain yang harus diperhatikan, sehabis melahirkan ibu tidak disarankan untuk diet. Sebab, diet bisa menghambat produksi ASI.

Pijat payudara

Produksi ASI sudah dimulai sejak usia kandungan memasuki tiga bulan. Untuk memperlancar produksi ASI, biasanya ibu hamil disarankan untuk pijat laktasi. Hendaknya kebiasaan itu berlanjut hingga bayi lahir sehingga produksi ASI tetap lancar.

(Baca Juga: 5 Kebohongan Wanita yang Dapat Terbaca saat Kencan Pertama Kali)

Dukungan sosial

Selama menyusui, ibu memerlukan dukungan dari orang-orang di sekitarnya terutama suami. Seorang suami harus bisa menyemangati istrinya ketika menyusui. Dengan adanya dukungan sosial, ibu dapat merasa lebih positif yang berdampak pada produksi ASI. Tekanan dan pikiran yang stres bisa menghambat produksi ASI. Maka dari itu, usahakan ibu menyusui terhindar dalam kondisi tersebut.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini