Jangan Remehkan kalau Pusing & Penglihatan Kabur Sudah Sebulan, Waspadai Gejala Tumor Otak

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 13 Oktober 2017 15:59 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 10 13 481 1794813 jangan-remehkan-kalau-pusing-penglihatan-kabur-sudah-sebulan-waspadai-gejala-tumor-otak-h4jgzHajBA.jpg Pusing dan penglihatan kabur terus menerus waspadai gejala tumor otak (Foto:Riderdigest)

TUMOR otak salah satu jenis penyakit yang tidak boleh diabaikan. Deteksi dininya pun mudah dengan cara mengenali gejalanya.

Bila seseorang tiba-tiba mengeluh pusing dan mata kabur terus-menerus, curigai gejala penyakit tumor otak. Kalau sudah mengalaminya, tentu jangan diabaikan dan segera konsultasikan dengan dokter.

Spesialis Bedah Saraf dr Agus C Anab SpBS menjelaskan, gejala tumor otak sangat mudah dikenali dalam kehidupan sehari-hari. Biasanya pasien mengeluh sering pusing dalam jangka waktu yang lama.

"Kalau terasa pusing terus, terutama di pagi hari, lalu terjadinya selama satu bulan berturut-turut dan hilang timbul, awas gejala tumor otak," ungkapnya saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta, Jumat (13/10/2017).

BACA JUGA:

Makan Terlalu Cepat Bisa Terkena Usus Buntu, Ini Alasannya!

Kalau sudah mengalami gejala ini, sebaiknya cek ke dokter dan langsung meminta pemeriksaan CT Scan atau MRI. Hasilnya pun sangat ampuh untuk melakukan deteksi dini tumor otak.

Belum lagi dibarengi dengan gejala tumor otak yang menunjukkan penglihatan kabur, meski awalnya kondisi mata normal-normal saja. Ada gangguan saraf di bagian mata yang memicu terjadinya tumor otak.

Namun, sayangnya tidak banyak orang mengerti dengan gejala mata kabur. Mereka hanya sering mengira alami gangguan refraksi mata alias mata minus.

Orang hanya sering gonta-ganti ukuran kacamata dalam waktu sebulan. Padahal ini sangatlah tidak efektif, karena menjadi salah satu gejala adanya tumor jinak di otak.

"Mata kabur juga jadi gejala tumor otak. Tapi orang ngiranya itu gangguan penglihatan karena bola mata. Pasien sampai bolak-balik ganti kacamata dan tidak curiga tumor otak," bebernya.

Ditambah lagi dengan gejala kejang, seiring terjadinya gangguan penglihatan dan pusing terus-menerus. Waspadai tumor otak bila Anda mengalami tiga gejala utama tersebut.

Sangat disayangkan, banyak pasien tumor otak datang terlambat ke dokter untuk berobat. Akhirnya pengobatan dan pemulihannya tergolong sulit.

Seharusnya, hal ini dapat dicegah supaya tak merugikan kondisi pasien. Pada tahap awal menderita gejala tumor otak, seharusnya Anda sudah mendapatkan perawatan dari dokter.

BACA JUGA:

VIRAL! Dosen Cantik Asal Korea Selatan Ini Bikin Muridnya Tak Konsentrasi Belajar di Kelas

Termasuk menjalani bedah untuk mengeluarkan tumor jinak di dalam otak. Salah satu metode minim invasif yakni dengan metode keyhole melalui alis mata.

Metode ini, menurut dr Aca, lebih aman dilakukan dan tak meninggalkan luka bekas operasi. Pembedahan lewat alis mata juga tak membuat pasien takut.

Namun, sebelum dilakukan tindakan tersebut, seseorang disarankan untuk mencegah faktor risiko serta mau mendeteksi dini penyakit tumor otak dengan pemeriksaan MRI setiap satu tahun sekali.

"Minimal harus cek MRI apakah ada bakat tumor otak setahun sekali. Sebelum terjadi dan ada tindakan pembedahan yang lebih rumit," pungkas dokter dari National Hospital Surabaya.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini