Image

Mengenal Keyhole, Metode Bedah Tumor Otak Lewat Alis Mata

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 13 Oktober 2017, 16:38 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 10 13 481 1794870 mengenal-keyhole-metode-bedah-tumor-otak-lewat-alis-mata-CLkx2ywJtq.jpg

ADA beragam teknologi bedah minimal invasif yang selalu dikembangkan. Termasuk salah satunya metode bedah tumor jinak di bagian otak lewat alis mata.

Metode tersebut dikenal dengan istilah keyhole melalui alis mata yang memiliki banyak keuntungan. Bagi penderita tumor otak bisa melakukannya tanpa perlu rasa takut.

Karena bila dibiarkan terus penyakit tumor otak dapat menimbulkan kerusakan sel otak yang menyebabkan kematian. Karena penyakit ini silent killer yang tak jelas penyebab pastinya.

Namun, umumnya faktor risiko dari penyakit ini sangat beragam dan ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Termasuk yang paling sering yakni paparan radiasi handphone, berlebihan konsumsi makanan berbumbu MSG, hingga kebiasaan merokok yang seharusnya dapat dicegah.

Spesial Bedah Saraf dr. Agus C Anab, SpBS, mengatakan, metode bedah lewat alis mata sangat menguntungkan pasien. Metode ini minimal invasif alias tak menyisakan bekas sayatan yang mengganggu estetika.

"Keberhasilan keyhole hampir 90 persen selalu berhasil dilakukan. Metode ini sudah terapkan sejak 2012 menganut para ahli yang mengembangkan di Jerman," kata dr Aca saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (13/10/2017).

Semua jenis tumor otak jinak dan ganas bisa disembuhkan dengan metode keyhole alis mata. Saat tindakan operasi pun tidak membutuhkan waktu yang lama.

Pasien menjalani tindakan hanya sekira 6 jam saja. Usai menjalani operasi, pasien juga tak membutuhkan perawatan yang rumit.

BACA JUGA:

VIRAL! Bertubuh Mini, Wanita Asal Korea Selatan Ini Pede Jadi Fashion Blogger

VIRAL! Dosen Cantik Asal Korea Selatan Ini Bikin Muridnya Tak Konsentrasi Belajar di Kelas

OMG!! Mayat Bayi Ditemukan di Tumpukan Cucian Kotor, Pihak Rumah Sakit Dituntut Rp675 Juta

Luncurkan Rasa Terbaru yang Misterius, Perusahaan Biskuit Terkenal Ini Tawarkan Hadiah Lebih dari 500 Juta!

Cara pembedahannya, alis mata disibak dengan gerakan yang halus. Kemudian otak dikempiskan untuk memudahkan pengambilan tumor jinak di dalam otak. Dokter mengangkat tumornya dengan bantuan mikroskop dan sendok operasi untuk memudahkannya.

Pembedahan hanya dilakukan lewat alis mata dan tidak menyentuh bagian lain. Proses pembedahan juga tidak menimbulkan sayatan yang berbekas.

Sehingga pasien dan perlu takut untuk melakukannya. Daripada Anda mengidap penyakit lanjutannya yang lebih mudah merusak sel otak.

Dengan adanya teknik lewat pembedahan alis mata ini dapat meningkatkan kualitas hidup pasien. Teknik pembedahan ini juga aman diterapkan untuk anak-anak dan dewasa sekalipun.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini