Image

SEXUAL HEALTH: CATAT! Setia Cara Paling Efektif Terhindar dari Penyakit Menular Seksual

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 13 Oktober 2017, 22:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 10 13 481 1794991 sexual-health-catat-setia-cara-paling-efektif-terhindar-dari-penyakit-menular-seksual-DBHDmMrYSC.jpg Ilustrasi (Foto: Wtop)

MELAKUKAN hubungan seks tentunya membawa kenikmatan tersendiri. Akan tetapi, faktor kesehatan dari berhubungan juga harus diperhatikan. Sebab ada beberapa penyakit yang bisa ditularkan melalui aktivitas seksual. Sebut saja HIV/AIDS, gonore, sifilis, dan masih banyak lagi. Kebanyakan penyakit ditularkan oleh bakteri.

(Baca Juga: 5 Kebohongan Wanita yang Dapat Terbaca saat Kencan Pertama Kali)

Jika Anda ingin terhindar dari penyakit menular seksual (PMS), sebaiknya Anda melakukan hubungan seks yang aman. Hubungan seks yang aman meliputi tidak bergonta-ganti pasangan, menggunakan kondom, dan menghindari aktivitas seksual berisiko seperti oral seks. Melansir dari Medical News Today, Jumat (13/10/2017), berikut langkah lain yang bisa Anda lakukan untuk terhindar dari PMS;

Setia

Godaan untuk melakukan hubungan seks memang bisa datang kapan saja. Apalagi jika gairah sedang memuncak. Jika Anda belum punya pasangan, cobalah untuk tidak melakukan aktivitas seks sementara waktu. Sedangkan jika Anda sudah memiliki pasangan cobalah untuk setia. Itu adalah cara paling efektif untuk menghindari diri dari PMS.

(Baca Juga: OMG!! Mayat Bayi Ditemukan di Tumpukan Cucian Kotor, Pihak Rumah Sakit Dituntut Rp675 Juta)

Vaksinasi

Beberapa PMS disebabkan oleh virus. Sebagai contoh, kanker serviks disebabkan oleh virus HPV dan hepatitis B yang disebabkan oleh virus hepatitis. Penyakit yang disebabkan oleh virus sebenarnya bisa dicegah dengan vaksinasi. Maka dari itu, usahakan untuk menerima vaksinasi agar terhindar dari PMS yang disebabkan oleh virus.

(Baca Juga: Luncurkan Rasa Terbaru yang Misterius, Perusahaan Biskuit Terkenal Ini Tawarkan Hadiah Lebih dari 500 Juta!)

Periksa infeksi

Sebelum aktif melakukan hubungan seksual, ada baiknya Anda dan pasangan memeriksakan diri ke dokter. Pemeriksaan ini bertujuan untuk melihat apakah Anda atau pasangan memiliki PMS. Sehingga jika ada infeksi bisa segera diobati dan mencegah penyebaran.

(Baca Juga: Waspada! Jari Anak yang Terjepit Pintu Berisiko Amputasi)

Pendidikan seks

Orangtua, sekolah, dan masyarakat perlu memberikan pendidikan mengenai seks kepada anak-anak sedini mungkin agar mereka bisa mencegah dan melindungi diri dari PMS.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini