Image

Galau Tak Berkesudahan? Yuk Bangkitkan Mood dengan Konsumsi Dark Cokelat

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 13 Oktober 2017, 18:55 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 10 13 481 1795003 galau-tak-berkesudahan-yuk-bangkitkan-mood-dengan-konsumsi-dark-cokelat-x3xJvwxMl7.jpg Manfaat Dark Cokelat (Foto: The Dailymeal)

ANDA mungkin pernah mendengar bahwa obat terbaik untuk melepaskan rasa penat, sedih, dan galau adalah dengan mengonsumsi cokelat. Menurut sejumlah penelitian, hal tersebut ternyata benar adanya. Namun, tidak semua jenis cokelat dapat meningkatkan mood seseorang, melainkan hanya varian dark chocolate saja.

Berbicara soal dark chocolate, makanan ini ternyata juga memiliki segudang manfaat kesehatan yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya. Camilan ini juga bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat serta mencegah beberapa penyakit berbahaya. Yuk simak ulasan lengkapnya, sebagaimana dilansir dari The Daily Meal, Jumat (13/10/2017).

Meningkatkan mood

Dark chocolate atau cokelat hitam mengandung senyawa yang ampuh untuk merangsang munculnya hormon endorfin. Oleh karena itu, sempatkanlah makan cokelat di sela-sela kesibukan Anda. Jika bingung mengolahnya, Anda bisa melelahkan dark chocolate lalu campurkan dengan sedikit air hangat dan bubuk kayu manis.

Mencegah kanker

Selain mengandung hormon endorfin, dark chocolate juga kaya akan antioksidan seperti flavonoid dan polifenol. Molekul-molekul ini sangat ampuh untuk melawan radikal bebas, dan mengurangi risiko terkena penyakit berbahaya seperti kanker. Semakin tinggi kandungan kakaonya, semakin besar pula manfaatnya.

Mencegah diabetes

Para ilmuwan menemukan bahwa dark chocolate sangat ampuh untuk mencegah diabetes. Hal ini didasari dari sebuah uji coba yang dilakukan kepada beberapa responden. Mereka yang mengonsumsi dark chocolate cenderung memiliki kadar gula yang rendah dibandingkan yang tidak mengonsumsi sama sekali. Seperti diketahui, kadar gula darah yang tinggi sering dikorelasikan dengan diabetes.

Sumber energi

Cokelat merupakan salah satu dari sekian banyak makanan yang mengandung kafein. Untuk alasan ini, mungkin bukan ide bagus untuk mengonsumsi dark chocolate sebelum tidur. Namun, mengonsumsi dark chocolate disiang hari akan membuat Anda lebih bersemangat.

Meningkatkan penglihatan

Menurut beberapa penelitian, antioksidan yang terkandung dalam dark chocolate secara harfiah dapat meningkatkan penglihatan Anda. Hal tersebut telah diuji secara langsung oleh sekelompok peneliti. Mereka mengklaim bahwa makanan ini benar-benar bermanfaat untuk meningkatkan kualitas penglihatan mata.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini