Image

Sambut Hari Cuci Tangan pakai Sabun, Ini 5 Aktivitas yang Mengharuskan Anda Menjaga Kebersihan Tangan

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Jum'at 13 Oktober 2017, 22:53 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 10 13 481 1795176 sambut-hari-cuci-tangan-pakai-sabun-ini-5-aktifitas-yang-mengharuskan-anda-menjaga-kebersihan-tangan-fdx5i87vfv.jpg

MENCUCI tangan masih jadi kegiatan yang langka dilakukan di Indonesia. Kesadaran akan kebersihan tangan masih sangat minim, padahal tangan merupakan anggota badan yang sangat penting sekaligus paling mudah terpapar bakteri dan kuman.

Memperingati Hari Cuci Tangan pakai Sabun yang digelar serentak di seluruh dunia setiap 15 Oktober, pemerintah lewat Kementrian Kesehatan mengajak masyarakat untuk lebih menyadari pentingnya menjaga kebersihan tangan. Salah satu cara terpenting yang bisa dilakukan adalah dengan mencuci tangan.

Ditemui Okezone di Jakarta, dr. Eni Gustina, MPH selaku Direktur Kesehatan Keluarga Kementrian Kesehatan menjelaskan ada 5 waktu penting yang mengharuskan orang mencuci tangannya.

“5 waktu prioritas ini adalah saat sebelum makan, sesudah makan, setelah melakukan kegiatan atau memegang barang, sesudah buang air kecil dan sesudah buang air besar. Ini wajib cuci tangan,” kata dr. Eni.

BACA JUGA:

VIRAL! Bertubuh Mini, Wanita Asal Korea Selatan Ini Pede Jadi Fashion Blogger

VIRAL! Dosen Cantik Asal Korea Selatan Ini Bikin Muridnya Tak Konsentrasi Belajar di Kelas

OMG!! Mayat Bayi Ditemukan di Tumpukan Cucian Kotor, Pihak Rumah Sakit Dituntut Rp675 Juta

Luncurkan Rasa Terbaru yang Misterius, Perusahaan Biskuit Terkenal Ini Tawarkan Hadiah Lebih dari 500 Juta!

Lebih lanjut dr Eni juga menjelaskan cara mencuci tangan yang baik dan benar. Ia mengatakan mencuci tangan dibawah air mengalir dan menggunakan sabun. Gerakan mencuci tangannya juga harus sesuai dengan cara yang ada agar seluruh bagian tangan bersih maksimal.

“Penggunaan sabun tidak ada keharusan, bisa pakai sabun padat atau cair. Tapi memang disarankan lebih ke sabun cair karena tidak mendapat kontak sentuhan dengan tangan orang lain. Tapi jika yang ada hanyalah sabun batang maka sah saja digunakan,” jelas dr. Eni.

Perempuan berhijab ini memaparkan, kesadaran cuci tangan di Indonesia masih sangat minim terutama pada daerah Indonesia bagian tengah dan timur dimana sumber air sangat terbatas. “Kita sebut saja Nusa Tenggara, Papua sana, mereka ada di pesisir tetapi sumber air bersihnya sangat minim. Jangankan buat cuci tangan, mereka mandi saja kadang tidak setiap hari. Padahal menjaga tangan tetap bersih sama saja menghindari dari berbagai penyakit terutama diare dan pneumonia (radang paru-paru),” beber dr Eni.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini