nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gawat, Masih Usia Produktif Orang Indonesia Rentan Alami Penuaan Dini

Dewi Kania, Jurnalis · Sabtu 14 Oktober 2017 20:28 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 10 14 481 1795500 gawat-masih-usia-produktif-orang-indonesia-rentan-alami-penuaan-dini-qDAkSkayq9.jpg Ilustrasi (Foto: BBC)

COBA perhatikan pola makan Anda setiap hari, apakah sudah sesuai dengan gizi seimbang atau tidak. Karenanya, studi menunjukkan, masyarakat Indonesia banyak mengalami penuaan akibat tidak menjaga pola makannya dengan baik. Duh, gawat!

Survei ini melibatkan 6.000 responden berusia 40 tahun ke atas dari Australia, HongKong, India, Indonesia, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand, dan Vietnam. Tujuan dilakukan survei yakni mengulik wawasan seputar permasalahan kesehatan akibat gaya hidup masyarakat di Asia Pasifik.

Diungkapkan, 9 dari 10 responden di Asia Pasifik peduli terhadap permasalahan kesehatan seiiring bertambahnya usia. Sementara itu, 90% responden dari Indonesia setuju dengan terapan gaya hidup sehat, terutama dalam menghadapi bertambahnya usia.

“Penduduk Indonesia sangat optimistik mampu jalani gaya hidup sehat setiap hari. Meski usianya semakin tua, Paling tidak makanan bernutrisi dan olahraga dengan baik," ujar Ahli Nutrisi dari Amerika Serikat Dr John Agwunobi saat ditemui di Jakarta, baru-baru ini.

Dari survei Asia Pacific Wellness Tour, 51% masyarakat Indonesia sulit menjalani gaya hidup sehat dengan baik. Sekira 46% lainnya mengaku malas manerapkan gaya hidup sehat karena minimnya motivasi. Juga, 33% responden lainnya masih menganggap gaya hidup sehat harus dilakukan dengan kocek mahal.

Padahal saat menghadapi pertambahan usia, potensi penuaan bisa terjadi. Apalagi saat seseorang tidak mendapatkan asupan makanan gizi seimbang.

Telah disarankan, setiap makan seharusnya Anda mencukupi kebutuhan gizi. Mulai dari serat, karbohidrat, lemak, protein, vitamin, serta kandungan mineral lainnya. Dalam piring makan, menu sesuai acuan gizi seimbang harus lengkap.

Saat makan, Anda harus memenuhi asupan nasi, lauk pauk sumber protein dan lemak baik, serat dari buah dan sayuran. Jangan lupa pula untuk penuhi kebutuhan cairan harian dengan minum air putih sekira 8 gelas sehari.

"Saya khawatir, karena masyarakat mengesampingkan pentingnya mangkonsumsi nutrisi yang baik dan seimbang, bisa memicu penuaan dini di usia produktif," tutur Dr John.

Berdasarkan survei ini pula mengungkapkan bahwa responden Indonesia menderita gangguan kesehatan mata sekira 47%. Sementara 37% responden mengalami permasalahan tulang dan sendi, serta 31% mengalami penuaan kulit.

Sebagai upaya lanjutan, Ada edukasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar konsumsi makanan sehat. Tak lupa dilengkapi dengan melakukan aktivitas fisik secara teratur.

"Karena mengonsumsi nutrisi yang tepat dan menjadwalkan pemeriksaan kesehatan rutin dapat meningkatkan kesejahteraan pribadi dan cegah penuaan dini" pungkas Dr John ramah.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini