nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Breast Cancer Awarness Mounth, Momen Tepat untuk Deteksi Dini Kanker Payudara, Begini Langkahnya!

Dewi Kania, Jurnalis · Sabtu 14 Oktober 2017 21:19 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 10 14 481 1795512 breast-cancer-awarness-mounth-momen-tepat-untuk-deteksi-dini-kanker-payudara-begini-langkahnya-HhOz2vgyyx.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

SELAMA Oktober menjadi bulan peringatan International Breast Cancer. Seluruh wanita diajak untuk melakukan deteksi dini adanya penyakit ganas ini dengan periksa payudara sendiri (Sadari).

Kampanye Sadari telah digencarkan oleh pemerintah dan para tenaga medis. Usai hari ke-7 menstruasi, Anda disarankan untuk meraba payudara sendiri, tepatnya mengecek apakah ada benjolan atau tidak.

Apalagi kanker payudara merupakan penyakit ganas yang ditandai dengan tumbuhnya sel abnormal. Serta tidak terkontrolnya kelenjar dan jaringan payudara, sehingga wanita wajib mewaspadainya.

Spesialis Bedah dari Siloam Hospital Yogyakarta dr Shinta Vebriana SpB menjelaskan, deteksi dini kanker payudara penting dilakukan untuk mencegah terjadinya penyakit ganas ini pada tahap stadium lanjut. Setiap wanita harus menjalani Sadari saat tujuh hari usai waktunya menstruasi. Tekniknya mudah dilakukan dan tak membutuhkan waktu yang lama.

"Jika tiba-tiba ditemukan benjolan di payudara setelah deteksi dini, maka secara medis bisa kita ambil langkah untuk pengobatan tahap awal," kata dr Shinta saat ditemui di kawasan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Jika belum tahu tekniknya, Anda cukup bercermin di depan kaca saat meraba bagian payudara sendiri. Pada intinya, Anda harus meraba area payudara, aerola dan puting. Pastikan terdapat cukup pencahayaan dalam ruangan tersebut untuk melakukan cara berikut.

- Angkat satu bagian lengan secara bergantian, perhatikan ukuran dan bentuk. Tangan satunya letakkan di pinggang agar lebih nyaman. Saat memeriksa, apakah terlihat ada perubahan seperti benjolan di bagian permukaan. Perhatikan pula warna puting, apakah berubah sangat gelap lalu kondisinya kusam.

- Tekan kuat bagian permukaan payudara sendiri. Biasanya pula gejala kanker payudara muncul benjolan yang tak biasa di bagian dalamnya. Kalau ada yang terasa mengganjal, sebaiknya lakukan deteksi lanjutan dengan cara konsultasi ke dokter.

- Agar semakin meyakinkan, membungkuklah di depan kaca sehingga payudara terjulur ke bawah. Perhatikan dan raba untuk memeriksa apakah ada perubahan tertentu pada payudara seperti yang dijelaskan sebelumnya.

- Jangan lupa perhatikan kedua payudara Anda, termasuk di bagian bawah. Cek pula apakah terdapat cairan yang keluar dari puting Anda. Caranya tempatkan jempol dan jari telunjuk Anda di sekitar puting, lalu tekan perlahan. Kalau terjadi demikian, yuk segera datang ke dokter supaya tak terlambat ditangani.

Nah, selain memeriksa payudara sendiri, Anda juga harus mengenal gejala awal kanker payudara. Biasanya pasien akan mengalami nyeri di bagian salah satu atau kedua payudara.

Lalu, wanita juga akan mengalami perubahan warna kulit di sekitar payudara. Apalagi dalam kondisi fatal, bagian payudara sangat kasar dan berubah kusam seperti kulit jeruk.

Tak cukup itu, pasien juga akan mengalami kehilangan nafsu makan terus menerus. Ditambah lagi dampak lainnya yakni tubuh pasien semakin kurus.

Agar tak terjadi demikian, Anda harus melakukan deteksi dini Sadari, demi kesehatan payudara Anda. Karena risiko kematian akibat penyakit ini sangatlah fatal.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini