nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

URBAN FOOD: Mau Bikin French Toast yang Lezat untuk Sarapan? Kuncinya Pakai 4 Jenis Roti Ini

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 17 Oktober 2017 06:40 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 10 16 298 1796588 urban-food-mau-bikin-french-toast-yang-lezat-untuk-sarapan-kuncinya-pakai-4-jenis-roti-ini-x9sDeyDnEa.jpeg Roti panggang khas Prancis (Foto:Foodnetwork)

BERDASARKAN fakta sejarah, french toast atau roti panggang khas Prancis merupakan salah satu jenis hidangan yang banyak dikonsumsi oleh kelas menengah ke bawah. Pada zaman dahulu, makanan ini diolah menggunakan sisa-sisa roti dan beberapa bahan tambahan lainnya.

Namun seiring berjalannya waktu, french toast kini telah berevolusi menjadi sebuah makanan yang digemari oleh semua kalangan. Bahkan, di sejumlah negara french toast telah menjadi menu sarapan wajib yang kerap disajikan dengan segelas jus jeruk segar. Selain praktis untuk diolah, hidangan tersebut juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh.

BACA JUGA:

Perkenalkan Varian Baru Alpukat Rendah Lemak, Penasaran dengan Rasanya?

Nah, berbicara soal french toast, ternyata ada beberapa jenis roti yang dapat Anda gunakan untuk mengolah hidangan lezat ini. Okezone telah merangkum beberapa di antaranya, sebagaimana dilansir dari Food & Wine, Selasa (17/10/2017).

Brioche

Para chef profesional mengungkapkan bahwa brioche merupakan jenis roti yang paling standar untuk diolah menjadi french toash. Ini disebabkan karena brioche mengandung banyak mentega dan telur daripada kebanyakan kue lainnya. Jadi begitu saus custard ditambahkan, Anda akan mendapatkan sensasi rasa yang lezat dan menggugah selera.

Baguette

 

Untuk membuat french toast, idealnya memang menggunakan roti tawar putih. Namun bukan berarti Anda tidak bisa memanfaatkan roti jenis lainnya, seperti baguette. Roti ini justru dapat membuat olahan french toast menjadi lebih nikmat karena memiliki ukuran yang cenderung kecil ketika telah diiris menjadi beberapa bagian. Selain itu, Anda tidak perlu membuang waktu terlalu lama saat mengolahnya, karena potongan baguette dapat dimasukkan sekaligus ke dalam wajan.

BACA JUGA:

Tunggu Makanan 2 Jam, Perempuan Muda Malah Dipukuli Pegawai Restoran

Potato Bread (roti kentang)

Sebagian besar orang cenderung menghindari roti irisan bertekstur tipis, karena akan kurang sempurna ketika ditambahkan saus custard dan dipanggang. Kendati demikian, Anda bisa menggunakan varian roti kentang. Roti ini memiliki kemampuan untuk menyerap custard dan menghasilkan tekstur yang sangat lembut ketika dipanggang. Caranya, tumpukkan segenggam irisan roti kentang satu sama lain, lalu kencangkan dengan tusuk gigi pada bagian tengahnya. Setelah itu, Anda bisa menaburkan selai dan bahan tambahan lainnya pada topping roti.

Sourdough

 

Roti ini juga bisa menjadi pilihan tepat ketika ingin membuat olahan french toast. Sourdough memiliki kemampuan untuk menyerap cita rasa manis, asin, gurih, dengan baik, sehingga sangat pas digunakan dalam mengolah french toast. Terlebih jika Anda harus merendam potongan roti ke dalam saus custard, roti ini tidak akan mudah hancur sehingga akan lebih mudah ketika dipanggang.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini