nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Begini Moms Cara Mengelola Makanan Sisa Mulai dari Sayuran Hingga Daging

Vessy Frizona, Jurnalis · Senin 16 Oktober 2017 20:58 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 10 16 298 1796606 begini-moms-cara-mengelola-makanan-sisa-mulai-dari-sayuran-hingga-daging-qvwcDJza0u.jpg

APAKAH hidangan di rumah kerap tersisa? Apakah masakan Anda sering tak habis? Lantas, kemana sisa makanan itu? 

Membuang makanan sisa, pastinya sering terjadi di rumah, entah lauk pauk, buah atau sayur.

"Terkadang, soal makanan, ibu rumah tangga kerap menyetok makanan melebihi porsi makan anggota keluarga, atau memasak lebih, sehingga masakan tersisa. Ironinya, makanan tersebut harus dibuang karena tak ada lagi yang mau memakan," buka Jekson Lumban Tobing selaku Food and Beverage Director Novotel Tangerang kepada Okezone saat ditemui dalam acara Food Rescue, Senin (16/10/2017).

Dalam rangka memeringati Hari Pangan Sedunia, Jekson mengajak dan membagikan tips kepada para yang hadir untuk mengelola makanan sisa. Ia pun menyebut beberapa makanan sisa yang bisa diolah menjadi makanan lain yang baru.

BACA JUGA:

"Kalau dari sayuran contohnya wortel. Di luar negeri, orang biasa makan wortel bersamaan dengan kulitnya, tapi sudah dicuci bersih. Sedangkan di Indonesia kulitnya sering dibuang. Nah, sebaiknya jangan dibuang. Sisa kulitnya bisa dicuci bersih, lalu dijadikan bahan makanan untuk membuat carrot cake. Seperti membuat banana cake, tapi ini diganti dengan wortel," jelasnya.

Selanjutanya, Jekson menyebut pisang. Pisang bisa dijadikan beberapa jenis makanan olahan baru. Buah pisang yang tidak termakan dan sudah melunak, bisa dijadikan pisang goreng atau jus.

"Begitu pula dengan buah lainnya. Misalnya salad buah atau salad sayur. Buah-buahan dan sayur yang tadinya disediakan untuk dimakan untuk menu salad, itu bisa dijus. Asalkan, belum ditambahkan mayonise atau yogurt," paparnya lebih lanjut.

Sementara itu, untuk menu main course, makanan yang bisa diolah adalah rendang. "Daging rendang yang sudah kering, jika tidak habis bisa dikeringkan untuk dibuat abon sapi," cetusnya.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini