Girls! Kenali Ciri-Ciri Keputihan Normal atau Tidak Normal

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Senin 16 Oktober 2017 17:28 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 16 481 1796466 girls-kenali-ciri-ciri-keputihan-normal-atau-tidak-normal-NmJaMoWt2J.jpg

SETIAP perempuan mungkin pernah atau memiliki masalah pada bagian organ kewanitaannya. Tumbuhnya bakteri dan jamur yang tidak normal adalah masalah yang banyak dialami wanita. Tetapi selain itu, rupanya keputihan lah yang menjadi masalah utama wanita.

Menurut penelitian, keputihan dialami oleh 75% wanita. Keputihan terjadi karena berbagai macam faktor, baik faktor hormonal maupun faktor penyakit tertentu. Namun tahukah Anda ciri-ciri keputihan yang normal dan tidak normal?

Menurut Dokter Spesialis Kandungan dan Kebidanan, dr. Rino Bonti Tri Hadma Shanti, SpOG, keputihan yang normal dapat dilihat dari warnanya yang putih dan bersih.

(Baca Juga: So Sweet! Sebelum Dilantik Jadi Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan Unggah Foto Bersama Istri Tercinta)

"Keputihan yang normal warnanya bersih. Kalau mau mens putih, bersih, dan tidak berbau. Tidak butek dan tidak bikin gatal," jelas dr. Bonti saat ditemui Okezone usai acara Forum Ngobras dengan tajuk Pentingnya Menjaga dan Merawat Daerah Kewanitaan di kawasan Senopati, Senin (16/10/2017).

Selain itu, jenis lendir juga bisa menjadi ciri normal atau tidaknya keputihan. Terutama di masa tertentu, seperti saat menjelang haid maupun dalam masa subur.

"Di masa subur (keputihan) bening encer seperti ingus alergi. Jika keputihan gatal panas dan berubah warna itu artinya penyakit," jelas dr. Bonti.

(Baca Juga: VIRAL! Guru Cantik Berhati Baik Rela Dibayar Cuma Rp75 Ribu per Bulan)

Menurut dr. Bonti, keputihan akan timbul beberapa hari sebelum haid hingga masa subur atau setelah haid. Pada saat menstruasi atau haid, keputihan mungkin tak bisa dilihat dengan jelas karena tercampur dengan darah. Tetapi jika terjadi infeksi, darah dapat menimbulkan bau tidak sedap.

Dokter yang sehari-hari bertugas di RSIA Hermina Jatinegara ini juga mengatakan bahwa warna cairan keputihan dapat menunjukkan sesuatu. Jika warna keputihan telah berubah dari yang sewajarnya, Anda patut waspada pada bahaya infeksi yang mengintai organ intim Anda.

"Bening artinya subur, menjelang haid warnanya putih kental karena ada hormon. Lebih dari warna itu, itu bahaya infeksi," pungkas dokter berhijab itu.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini