nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Model-Model Ini Ungkap Kasus Pelecehan Seksual yang Menimpa Dirinya dan Disebar di Instagram

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 17 Oktober 2017 10:39 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 10 17 196 1796824 model-model-ini-ungkap-kasus-pelecehan-seksual-yang-menimpa-dirinya-dan-disebar-di-instagram-weuR3Q09Pi.jpg Model Kamerun Russel (Foto: Dailymail)

KASUS pelecehan di industri hiburan tengah menjadi topik hangat. Salah satunya kasus Produser Harvey Weinstein yang sedang ramai dibicarakan.

Diketahui, produser itu telah menyerang sejumlah model secara seksual. Kasus itu bertambah panas dengan semakin banyaknya korban yang akhirnya buka suara.

Seorang model pun belum lama ini mengungkap cerita dari rekannya yang juga pernah mengalami hal serupa. Dia pun membagikan cerita tersebut ke Instagram pribadinya dan kemudian viral!

Adalah model Cameron Russel yang mengungkap pengalaman pelecehan seksual yang ternyata juga banyak terjadi dalam industri pemodelan. Cameron yang merupakan mantan model Victoria's Secret itu menjelaskan, kasus pelecehan tidak hanya di dunia model tapi juga saat pemotretan. Kumpulan cerita dari teman-temannya itu lalu dibeberkan Cameron di Instagram kepada 77 ribuan pengikutnya.

Dari 34 cerita yang dibagikan Cameron, terungkap jika model serta asisten pemotretan tak jarang mendapat perlakuan kurang menyenangkan dari fotografer. Selama bekerja, mereka kerap dipegang secara cara tidak sopan hingga dipaksa melakukan perilaku seksual. Mereka yang dilecehkan seringkali adalah model-model berusia remaja.

Cameron menjelaskan, dirinya melakukan gebrakan ini agar setiap perempuan mau berbicara dan angkat suara ketika mengalami kekerasan seksual. Cameron menambahkan, dia juga terinspirasi dari para wanita yang telah berani mengungkap kasus Harvey itu.

"Di banyak kesempatan, aku sering dibilang feminis karena melaporkan rabaan, pukulan, cubitan, tekanan untuk berkencan, telepon, dan pesan seksual yang tidak diinginkan, kurangnya area ganti, dan lainnya," ungkapnya dilansir Dailymail, Selasa (17/10/2017).

Jika dilihat dari salah satu testimoni kasus, diceritakan model 19 tahun yang dikirim agensinya untuk berhubungan seks dengan seorang fotografer. Ketika dia menolak ajakan tersebut, fotografer malah mengatakan jika si model itu gemuk dan tidak bakal ada agensi yang mau menerimanya. Saat model tersebut menangis, si fotografer malah bilang, 'Selamat datang di industri (ini)'.

Ada pula cerita model pria yang mengaku pernah dipegang alat kelaminnya ketika pemotretan. Si fotografer juga memintanya berpose seksi. "Orang berpikir karena kamu pria kamu bisa mengontrol situasi seperti ini. Itu adalah hal terburuk yang pernah aku rasakan. Dan ini adalah satu cerita tapi bukan satu-satunya," tulis si model.

Jadi, jangan takut untuk angkat bicara. Jangan mau direndahkan orang lain, khususnya pada kasus pelecehan seksual!

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini