nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Makan di Restoran Singapura Ini, Pengunjung Tidak Boleh Bawa Handphone!

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 17 Oktober 2017 17:40 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 10 17 298 1797135 makan-di-restoran-singapura-ini-pengunjung-tidak-boleh-bawa-handphone-CClyNWRWwJ.jpg Makan di restoran (Foto: Shutterstock)

SUDAH jadi pemandangan yang familiar bukan, bahwa di tempat-tempat umum pasti setiap orang sibuk dengan handphonenya masing-masing, mulai dari wanita, pria, tua, muda, hingga anak-anak seolah tidak bisa melepaskan diri dari yang namanya handphone. Tak terkecuali ketika sedang makan, walaupun sedang makan di sebuah restoran bersama sanak keluarga.

Menjadi miris rasanya, melihat betapa sering terlihat para anggota keluarga atau teman alih-alih bercanda gurau atau mengobrol akrab satu sama lain, namun malah diam karena sibuk dengan handphone masing-masing. Entah itu chatting, bermain games, foto-foto, ataupun merekam video untuk diunggah ke Instagram.

Nah, melihat fenomena sosial ini, akhirnya restoran cepat saji di Singapura, McDonald Marine Cove membuat suatu program, yakni Family Playdate yaitu di mana suatu program yang menyarankan untuk para pengunjungnya bisa sejenak melepaskan handphone terlebih dahulu dengan tujuan agar lebih fokus menyantap makanan dan berkomunikasi dengan anggota keluarga.

Di restoran cepat saji ini, para pengunjung nantinya akan menitipkan hanphone mereka masing-masing di sebuah loker konvesional, yakni loker transparan lengkap dengan sebuah kunci biasa, yang nantinya para staff akan mengingatkan para pelanggan untuk tidak lupa mengambil kembali handphone yang dititipkan di dalam loker tersebut. Pihak restoran sendiri berpendapat, bahwa dengan cara ini diharapkan mereka bisa menolong sedikit untuk mengurangi fenomena sosial ini.

Menurut studi yang dilakukan oleh McDonald sendiri, disebutkan bahwa lebih dari 90 persen para orang tua dan anak-anak pasti menggunakan handphone kapanpun ketika sedang berkumpul bersama, walaupun faktanya sebenarnya para orang tua menyakini kebiasaan ini mengurangi intensitas interaksi mereka dengan anak-anaknya sendiri, dan sebagai orang tua, mereka menginginkan anak-anaknya bisa lebih disiplin dengan menjauhkan diri dari distraksi digital.

"Sebagai salah satu destinasti restoran favorit untuk banyak keluarga, kami sendiri telah mengobservasi bahwasanya memang penggunaan handphone saat makan itu memang mengganggu waktu kebersamaan keluarga (family bonding time)," ungkap salah satu perwakilan resmi McDonald Singapura kepada Channel News Asia.

Sementara itu, untuk kelanjutan dari program ini sendiri, diketahui lebih lanjut bahwa pihak restoran masih secara aktif menantikan respon balik dari para pelanggan, untuk mengetahui apakah nantinya program ini bisa dilaksanakan di cabang gerai lainnya atau tidak. Demikian seperti dilansir Foodandwine, Selasa (17/10/2017).

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini