nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

MENAKJUBKAN, 5 Stasiun dengan Arsitektur Terindah di Dunia

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Selasa 17 Oktober 2017 18:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 10 17 406 1797152 menakjubkan-5-stasiun-dengan-arsitektur-terindah-di-dunia-4MxazU4ExZ.jpg Stasiun dengan arsitektur indah di dunia (Foto:Wikipedia)

STASIUN menjadi salah satu prasarana yang dibutuhkan untuk menunjang aktivitas publik. Jika umumnya stasiun hanya dikunjungi untuk menaiki kereta, mungkin Anda akan menyempatkan diri untuk menjelajahi 5 stasiun ini dan berfoto-foto.

Bagaimana tidak, arsitektur yang dimiliki oleh stasiun-stasiun tersebut memberikan estetika lebih. Bahkan stasiun-stasiun itu tak akan membuat pengunjungnya bosan karena sembari menunggu kereta datang, mereka bisa memperhatikan arsitekturnya dan tak henti mengaguminya.

Berikut beberapa stasiun dengan arsitektur terindah melansir dari Lonelyplanet, Selasa (17/10/2017):

Stasiun Union, Amerika Serikat

Union Station dibuka pada 27 Oktober 1907 dengan arsitektur klasik. Stasiun ini memiliki dominasi warna putih di bagian luar dan dalamnya. Lantai di bagian dalamnya menggunakan tegel berwarna putih dengan aksen coklat tua. Bagian atasnya berbentuk setengah lingkaran dengan langit-langit berbentuk lubang dan aksen emas di setiap lengkungannya.

 

Di ventilasi yang cukup besar, masing-masing dilengkapi dengan dua patung seukuran manusia. Stasiun ini sangat luas sehingga memungkinkan pengunjung berlalu lalang tanpa berdesak-desakan.

Stasiun Kanazawa, Jepang

Jepang yang terkenal dengan bangunan-bangunan katunya di pedesaan juga memiliki stasiun yang diberi ornamen dari kayu. Meski Stasiun Kanazawa terbuat dari besi dan kaca, namun pada bagian depan tedapat bangunan dari kayu dengan dua kaki berbentuk drum unik. Bangunan ini digunakan sebagai simbol instrumen tradisional Jepang yang disebut Tsuzumi.

 

Stasiun San Bento, Portugal

Stasiun San Bento di Portugal dibangun oleh arsitek Jose Marques da Silva dan dibuka pada 5 Oktober 1916. Meski ukurannya tak terlalu luas, stasiun ini memiliki arsitektur yang cukup indah. Lukisan-lukisan bernuana biru di pasang menutupi dinding-dinding bagian dalamnya. Memiliki ciri khas sebagai bangunan tua, Stasiun San Bento memiliki keindahannya sendiri dibanding stasiun modern.

 

Mayakovskaya Metro Station, Rusia

Stasiun metro yang berada di Moskow ini terlihat seperti gedung mewah dengan gaya arsitektur Stalin. Lampu-lampu yang membentang di bagian langit-langit memberikan cahaya yang romantis dan mewah di lorong stasiun.

 

Bangunan stasiun sendiri didominasi dengan warna krem keemasan. Lantainya menggunakan marmer dengan garis warna yang berpola dari ujung satu hingga ujung lainnya. Ini adalah salah satu stasiun paling Instagramable.

King Cross Station, Inggris

Stasiun di London ini mungkin adalah stasiun paling terkenal di dunia. Pasalnya, stasiun ini menjadi populer setelah menjadi salah satu lokasi syuting Harry Potter. Dengan bangunannya yang besar, salah satu spot terbaik di stasiun ini adalah tiang penyangga berwarna putih dengan pola jaring besar. Anda bisa melihat langit-langit dengan pola yang sama dan berkilau biru.

 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini